AKTUALIA

Berkat Hewan Peliharaan Di Gereja Sanyos

Berkat hewan peliharaan-4

Wujud kasih dengan ikut memelihara keutuhan ciptaan

Di hari Minggu pagi tanggal 31 Desember 2017 yang lalu, ada pemandangan yang berbeda di halaman belakang Gereja Santo Yosep Purwokerto. Pada pagi yang cerah itu berkumpul berbagai satwa peliharaan, tentu saja bersama-sama dengan pemiliknya, yang sebagian besar merupakan pecinta hewan peliharaan. Ada berbagai jenis anjing seperti Golden, Sitsu, Biggel, Mini Pomp, Cihua-hua, Mini Pinster dan Pudel. Sedangkan satwa lain yang ikut meramaikan acara ada berbagai burung, kucing persia, ikan, ayam hias dan kura-kura.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Acara ini digagas sebagai rangkaian kegiatan Natal Paroki Santo Yoseph Purwokerto tahun 2017 yang mengambil tema: “Damai Kristus Memenuhi Hati Umat Paroki Santo Yoseph dan Alam Sekitar”.

Selain itu acara ini sebagai wujud nyata cinta kasih sesama makhluk hidup antara satwa dan manusia. Dalam ibadat ini hewan bisa mendapatkan berkat dari Tuhan. Umat juga diajak mencintai alam sekitar dan ikut peduli terhadap sesama makhluk hidup.

“Membawa dan menciptakan damai dan sukacita serta melestarikan lingkungan hidup, merupakan tugas kita bersama sebagai manusia, dimana Tuhan percayakan kepada manusia supaya menyayangi semua mahkluk hidup”. Itulah pesan yang disampaikan Romo Kristiadji Rahardjo MSC, sebagai pemimpin ibadat pemberkatan hewan saat itu. Kristiadji  juga menegaskan, “Saya yakin kalau kita menyayangi mahkluk hidup yang lain seperti hewan peliharaan ini, pasti kita juga bisa menyayangi sesama manusia, apapun agama, suku dan latar belakang pendidikannya.”

Apresiasi dan harapan

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ada berbagai tanggapan yang menarik dari peserta ibadat pemberkatan ini. Alexander Angga mengatakan sangat senang dan menilai acara ini sungguh luar biasa, karena jarang sekali diadakan dan baru pernah diadakan di gereja ini. Harapannya adalah agar acara seperti ini bisa diadakan lagi di waktu-waktu mendatang dan agar makin banyak pemilik hewan atau yang belum memiliki pun tergerak untuk lebih mencintai dan peduli kepada satwa dan sesama mahkluk lainnya. Ibu Tuti juga mengatakan, sangat senang dan berharap dengan diberkati, anjing peliharaannya bisa beranak cucu yang baik. Sedangkan Bapak Atai yang tinggal di Jalan Soeparno mengatakan acara ini sungguh meriah dan membawa suasana sukacita, baik bagi pemilik maupun peserta lain yang ikut dalam pemberkatan. Harapannya dengan diberkati, anjingnya menjadi fresh dan menjadi sumber sukacita juga di tengah keluarganya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ibadat pemberkatan hewan peliharaan ini kemudian dilanjutkan dengan sesi konsultasi kesehatan dan tanya jawab dengan drh. Feny Indriastuti. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama hewan peliharaan masing-masing di photo booth berlatar belakang dekorasi Natal. Akhirnya acara yang dimulai pk. 09.00 ini ditutup pada pukul 11.30 WIB. Semoga acara ini menjadi salah satu bagian dari perjuangan bersama untuk mewujudkan “Damai Negeriku. Hijau Bumiku”. Terima kasih atas dukungan para Romo, DPP St Yosep, Panitia Natal 2017 dan para pecinta hewan peliharaan yang telah terlibat dalam acara ini. Tuhan Memberkati.

Galat
This video doesn’t exist

Penulis:

Baptista Asih.jpeg

Baptista Varani Asih Prabayanti

*Kredit foto: diambil dari grup WA Pantia Natal 2017

*Sumber video: akun youtube NetTV

1 replies »

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.