PROFIL LINGKUNGAN SANTO IGNATIUS

Motto Lingkungan:
“Ad Majorem Dei Gloriam”

St. Ignatius Loyola.jpg

( Demi Makin Besarnya Kemuliaan Allah / Jawa : Amrih Mulya Dalem Gusti )

NAMA LINGKUNGAN : SANTO IGNATIUS
VISI :

Menjadi paguyuban warga yang tergabung dalam lingkungan dengan saling menguatkan tekad dalam loyalitas dan konsisten pada tujuan bersama, serta guyup rukun dalam melayani Tuhan dan sesama, demi kemuliaan Allah.

SEJARAH LINGKUNGAN SANTO IGNATIUS

Lingkungan Santo Ignatius lahir di tanggal 28 Juli 1980, pada saat Pastor Kevin Yohanes Casey, OMI datang ke Lingkungan ini untuk membaptis putra Bapak Harno yang kebetulan dipermadikan dengan nama Ignatius juga. Pendiri atau pioner berdirinya lingkungan ini antara lain : Bapak Harsono (alm), Bapak Sumarno (alm) dan Bapak Harno (alm). Bapak Harsono dan Bapak Harno adalah tentara yang bertugas di Kabupaten Banyumas dan tinggal di daerah Lingkungan Santo Ignatius.

Pengurus Santo Ignatius saat ini, dilantik oleh Dewan Paroki SK Nomor : 06/SK-DP/VII/2015 diketuai oleh Fransiskus Xaverius Sudarmawan untuk periode 2015-2018.

Nama Ignatius muncul spontan dari Pastor Yohanes yang pada saat itu sedang membaptis Putra pak Harno. Ignatius dari Loyola dipahami dan diimani warga sebagai sosok seorang pemimpin yang bersama dengan Fransiskus Xaverius membawa kabar gembira dan mendirikan Serikat Jesuit.

Pendiri atau pionir Santo Ignatius kebanyakan adalah tentara yang bertugas di dekat rumah Sakit DKT, sehingga spiritualitas Santo Ignatius yang dahulunya adalah seorang militer yang keras dan tekun, terasa benar dalam kepengurusan awal lingkungan Ignatius. Saksi Sejarah yang saat ini masih hidup hanya Bapak Nico P Nawila.

NAMA DAN PENGURUS LINGKUNGAN MASA BAKTI 2015 – 2018

1.Nama Lingkungan
Nama Santo Pelindung      : SANTO IGNATIUS
Pesta Nama Lingkungan   : 28 Juli
Alamat Sekretariat             : Jl. Dr. Soeharso Ggg. Anggrek II/C Purwokerto
Wilayah                                : II (Dua)
Ketua Wilayah                    : Yohanes Soedjadi

2. Pengurus Lingkungan
Ketua Lingkungan             : F. X. Sudarmawan
Wakil Ketua                        : Maria Magdalena F. Suparni
Sekretaris                            : Agustina Widiastuti
Bendahara                          : Lidya Setiati

3. Tim Kerja
Liturgi :

Yohanes Djunaedi Priyanto
Yohanes Avila Nunung Winarta
Anastasia Anik Iswarini
Yustinus Sukamto

Hias Altar :

Monika Yulianti
Elisabeth Lissa Kusumawati

Kitab Suci :

Nicolaus Primus Nawila
Lukas Sugianto

Kehidupan Kekal:

Cicilia Suharyanti
Monika Yulianti
Angela Mike Wijaya
Anastasia Anik Iswarini

Sosial :

Rosa Rinek Sri Rahayu
Maria Fransiska Lany Endro S.

Usaha :

Maria Kho Mung Lan
Vincencia Purwanti
Magdalena Widianti

Persembahan :

Natalia Agnesia Sri Wiliani
Fransiska Iswati
Vincentia Ho Man Ing

KETELADANAN HIDUP SANTO IGNATIUS

Ignatius dari Loyola adalah anak orang kaya, keluarga bangsawan di Basque, Spanyol. Ia meninggalkan kekayaannya lalu menjadi tentara. Ketika Ia terluka, Ia harus berbaring lama di RS. Ia sangat gemar membaca buku, terutama buku-buku heroic. Tetapi ketika berada di RS tidak ada buku-buku kegemarannya itu, kecuali Kitab Suci dan Kisah Orang Kudus. Pada akhirnya Ia mulai membaca Kitab Suci dan tanpa sadar, Ia mulai tertarik pada kehidupan Kristus dan timbullah niatnya untuk hidup mengabdi pada Kristus. Untuk mewujudkan keinginannya, mewartakan Kristus, dan menyatakan pengabdiannya, bersama Santo Fransiskus Xaverius, Ia mendirikan sebuah Serikat Imam yang disebut Serikat Yesus (SJ). Motto tarekat : Ad Majorem Dei Gloriam (Demi Kemuliaan Allah) (Jawa= Amrih Mulya Dalem Gusti) yang siap diutus ke tanah tanah misi di seluruh dunia. Para Imam SJ sangat terkenal militansinya, sehingga dalam waktu yang singkat, mereka telah tersebar di seluruh dunia. Antara lain : Santo Fransiskus Xaverius yang datang ke India, Indonesia, Jepang dan China.

WILAYAH LINGKUNGAN

1. Secara Geografis : Wilayah Lingkungan Santo Ignatius batas-batasnya adalah sebagai berikut :

– Utara : Lingkungan St. Fransiskus Xaverius
– Selatan : Lingkungan St. Theresia
– Timur : Lingkungan St. Yosep
– Barat : Paroki Kristus Raja

2. Secara Pemerintahan : Kelurahan Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur.
3. Secara Sosial Kemasyarakatan : terdapat SD Negeri,SD Karitas, Mesjid Mangun Jaya.

DATA UMAT

Jumlah Kepala Keluarga 55, Jumlah Jiwa + 131 65 L dan 66 P Kehidupan Sosial Ekonomi : Pegawai Swasta, Wiraswasta dan sebagian Pensiunan

PROGRAM & KEGIATAN

1. Kegiatan Rutin

– Latihan koor dan Tugas koor, lektor, pemazmur dan organis di Gereja
– Pelatihan organis di Lingkungan (anak dan dewasa)
– Ziarah , Rekoleksi dan rekreasi lingkungan
– Pendalaman Alkitab
– Doa Rosario keliling dari rumah ke rumah setiap warga lingkungan secara bergilir di bulan Maria (Mei ) dan bulan Rosario (Oktober).

2. Lain-lain :
– Warga yang ikut serta menjadi anggota Dewan Pastoral Paroki :

Lukas Sugianto
Yohanes Djunaedi Priyanto
Lidya Setiati
Monika Yulianti
Elisabeth Lissa Kusumawati
Agustinus Murdiarso
Rosa Rinek Sri Rahayu
Yohanes Avila Nunung Winarta

– Anggota Prodiakon :

Nicolaus Primus Nawila
Lukas Sugianto
Agustinus Murdiarso
Cicilia Suharyanti
Maria Fransiska Lany Endro S

– Pengurus Kelompok Kategorial :

Wanita Katolik : Maria Magdalena F. Suparni,
Persekutuan Doa : Lidya Setiati, Elisabeth Lissa Kusumawati
Legio Maria : Anastasia Anik Iswarini

KEGIATAN LIMA BIDANG GEREJA

1. Liturgia:

– Tugas koor di Gereja, lektor, pemazmur, organis, hias Altar, Tata Tertib, Persembahan.
– Misa peringatan arwah, Misa peringatan pelindung, Misa pemberkatan rumah.
– Ibadat lingkungan : arwah, syukur, permohonan tertentu.
– Doa Rosario keliling dari rumah ke rumah setiap warga (Mei dan Oktober)

2. Kerygma:

– Pendalaman Kitab Suci (BKSN, Adven dan APP)
– Katekese : Nicolaus Primus Nawila (di rumah )
– Pendalaman Alkitab (PA) setiap Selasa

3. Koinonia:

– Mengunjungi warga yang sakit dan mendoakannya
– Membantu warga yang membutuhkan pertolongan “Ekonomi”
– Kunjungan ke Panti Asuhan.

4. Diakonia :

– Ikut serta giliran “Ngaturi dhahar Pastor”
– Iuran warga untuk kas Lingkungan (Darma Kasih)
– Iuran warga untuk Gereja (Darma Bakti)
– Santunan atau bantuan kematian bagi warga yang berduka cita
– Santunan atau bantuan untuk warga yang sakit

5. Martyria :

– Kolekte setiap ada pertemuan/sembahyangan
(dana yang terkumpul untuk kegiatan Lingkungan seperti pembelian sound system, Ziarah dll.

KEPRIHATINAN DAN HARAPAN

KEPRIHATINAN

Beberapa keprihatinan lingkungan saat ini diantaranya jumlah kaum muda yang sedikit atau hampir tidak ada, sehingga dikhawatirkan jumlah warga menurun dan regenerasi lingkungan sebagai komunitas basis Gereja tidak ada. Jumlah kaum muda yang hampir tidak ada dikarenakan, hampir semua kaum muda kuliah atau bekerja di luar kota. Beberapa keluarga muda, dengan alasan kesibukan pekerjaan atau malas, mereka tidak aktif atau bahkan terkadang tidak mendaftarkan diri jika masuk lingkungan Santo Ignatius.

Selain itu beberapa warga yang domisilinya di pinggir jalan dr Soeharso dan Overste Isdiman masih banyak yang belum mau untuk ikut dalam kegiatan lingkungan. Alasan yang muncul masih klasik, seperti kesibukan pekerjaan, atau toko yang tutup malam hari.

Keprihatinan pengurus lingkungan terutama karena rendahnya kesadaran warga baru untuk melapor jika pindah rumah atau domisili, sehingga selama ini ketua lingkungan hanya mengandalan informasi warga lama jika ada warga baru. Hal ini berdampak jika suatu saat warga baru yang tidak melapor ini mengalami kesulitan atau butuh bantuan (sakit, kerabat serumah meninggal, menikah) warga atau pengurus lingkungan pasti tidak akan tahu atau terlambat untuk membantu. Beberapa kasus lain yang menjadi keprihatinan adalah suatu ketika ada warga lingkungan Ignatius yang belum pernah mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dalam Lingkungan Ignatius, dan dia akan menikah, lingkungan akan tetap membantu warga untuk memperoleh surat pengantar dari Lingkungan.

Perlunya ditingkatkan kesadaran warga lingkungan, terutama yang menjadi aktivis di Paroki dan Keuskupan untuk ikut aktif dalam kegiatan lingkungan, sehingga bisa menularkan keaktifannya. Perlu adanya rekoleksi bagi lingkungan untuk mengingatkan kembali kondisi dan peran lingkungan dalam kehidupan iman Katolik.

HARAPAN

– Agar semakin tumbuh dan berkembang dalam kebersamaan dan makin dewasa dalam beriman, tentunya tidak hanya di lingkungan, namun juga untuk paroki Santo Yosep.

– Bertambahnya anak muda di lingkungan dan mau terlibat dalam kegiatan.

KESAN UMUM

Sebagaian besar warga Ignatius yang aktif rata-rata berusia di atas 50 tahun, tidak banyak informasi yang diperoleh dari Ketua Lingkungan dan saksi sejarah. Kegiatan lingkungan yang berjalan masih tergantung dari tugas yang diberikan atau kegiatan yang diharuskan paroki. Namun demikian anggota yang aktif cukup bersemangat mengikuti segala kegiatan yang ada. Karena sebagian besar anggota yang aktif berusia di atas 50 tahun maka ide kegiatan yang muncul adanya kerinduan untuk pendalaman Kitab Suci secara rutin. Lingkungan ini tetap bertahan dengan semangat warga-nya, walaupun tidak banyak kaum muda yang aktif di lingkungan. Kehadiran warga baru yang bisa melatih koor juga menjadi semangat warga yang lain untuk ikut latihan koor.

Ada beberapa katekis, aktifis dewan Paroki yang sudah berpuluh-puluh tahun mengabdi di Gereja Santo Yosep, namun hanya beberapa yang mau terlibat aktif untuk menghidupkan kegiatan lingkungan. Sebagian besar warga yang usianya sudah tua akan menginjak lansia adalah aktifis Gereja, baik di anggota dewan, anggota koor, prodiakon, katekis. Hal inilah mungkin yang menjadikan lingkungan ini masih bertahan dengan kegiatan rohaninya. Kesadaran untuk menjadi bagian dalam kegiatan lingkungan masih nampak di lingkungan ini. Namun kesadaran warga yang berusia muda atau produktif untuk aktif dalam kegiatan lingkungan masih rendah bahkan tidak ada.

FOTO KEGIATAN LINGKUNGAN

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

2 thoughts on “PROFIL LINGKUNGAN SANTO IGNATIUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s