“HARI BERBAKTI” UMAT SANYOS

Berkah Dalem,

Minggu, 19 Maret lalu menjadi hari Berbakti bagi umat paroki Santo Yoseph Purwokerto. Kerjabakti untuk gereja dan lingkungan sekitar berlangsung sejak pkl. 09.00 di sekitar gedung gereja dan lingkungan. Sepanjang jalan yang mengelilingi gereja, yakni Jl. Kaliputih, Martadireja 1, Kenanga dan M Yusup, sekelompok umat berbaur dengan masyarakat khususnya RT 01/RW 04  membersihkan lingkungan. Kegiatan ini malah bertepatan dengan hari kebersihan di Kelurahan Purwokerto Wetan sebagai persiapan Adipura. Selain itu ada pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Ibu Wakil Bupati, selaku penggerak PSN mengajak timnya untuk memeriksa dari rumah ke rumah adanya sarang nyamuk di dalam genangan-genangan air di sekitar rumah maupun di dalam rumah.

Titin dkk_n

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama panitia Paska Paroki dengan masyarakat RT. Kegiatan ini juga selaras dengan semangat APP yang bertema Kelaurga dan Ekologi.” demikian papar Bp Andreas Sribudiyanto atau pak SBY, selaku ketua panitia Paska. Hari Berbakti ini dilakukan umat yang telah dibagi per wilayah rohani. Wilayah I membersihkan gereja, wilayah 2 membersihkan sepanjang jl Martadireja, wilayah 3 membersihkan sepanjang jalan Kenanga, Wilayah 4 membersihkan jalan M Yusup dan wilayah 5 membersihkan Jalan Kaliputih. SeuaI bersih-bersih, masyarakat sekitar gereja diundang untuk menikmati hidangan di aula paroki.

“Kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar ini bagus dilakukan terus. Umat juga merasa memiliki gereja dan makin menyemarakkan gereja kita,” demikian ungkap pak Pur, salah satu ketua lingkungan di wilayah 1 paroki st Yoseph.

Selain kegiatan bersih gereja ini, juga dilaksanakan kegiatan donor darah yang sudah berjalan rutin di paroki. Ada 40 pendaftar namun yang bisa diambil darahnya 28 orang. Lainnya tidak dapat diambil entah karena tensinya tinggi, HB-nya kurang memenuhi standar kebutuhan, dsb. Romo Paroki yang juga ikut rutin berdonor, kali ini tidak dapat diambil darahnya karena HBnya dibawah 12,5. “Mungkin karena romo-romo pantang daging sehingga HB-nya rendah.” ungkap bu Joko penanggungjawab kesehatan yang ikut membantu melayani kegiatan donor darah di paroki ini.

Masih ada kegiatan-kegiatan lain yang dikomando panitia Paska. Misalnya kegiatan kunjungan umat yang melibatkan unsur medis, sosial ekonomi dan pastoral. Kegiatan lain berupa pengumpulan sembako untuk panti asuhan, kegiatan kerohanian berupa jalan salib, sepekan ayam berkokok, dsb.

Soter@bdtoro,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s