ROH KEBENARAN DARI TUHAN

Hari Raya Pentakosta – 19-20 Mei 2018

Bacaan : Yohanes 15:26-27; 16:12-15

Diterbitkan oleh Tim Kerja Kitas Suci – DPP. Santo Yoseph Purwokerto 

 

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata – kata dari diri Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar Nya itulah yang akan di katakana Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal – hal yang akan datang “ (Yohanes 16 : 13)

Pagi ini ketika membaca Injil hari ini, saya jadi teringat pada suatu masa dimana saya belum mengenal Roh Kudus. Saat itu hidup saya selalu merasa kuatir akan hari esok yang akan saya jalani, saya kuatir apakah saya besok mendapatkan rejeki untuk menghidupi anak dan istri saya? Terkadang saya juga takut dan gelisah, apakah hidup saya masih lama atau tidak? Dalam kekuatiran dan kegelisahan itulah saya berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan. Saya ingat ketika saya pertama mengikuti perayaan Ekaristi harian pagi hari di gereja, saya duduk dikursi paling belakang karena saya merasa diri tidak pantas berada di dalam bait Nya yang kudus. Hari pertama saya mengikuti misa harian berkesan sekali, karena disitu saya merasa tenang dan damai.  Jiwa saya merasa sejuk, apalagi jika mendengarkan Homili dari Romo sungguh sangat memberkati saya saat itu.

Seiring waktu saya pun mulai mengikuti Persekutuan Doa yang ada di gereja dan saat itu saat benar – benar dibuat bingung karena awalnya kami semua memuji nama Tuhan dan saya mulai ikut terbawa dalam suasana damai namun tiba – tiba saja mereka yang hadir disitu berkata – kata seperti meracau, bahkan ada yang berteriak, dan ada juga yang berkata : hai anak KU, janganlah ragu hatimu, datanglah kepada Ku dan bukalah hatimu agar Aku berkarya dalam dirimu ! mendengar itu tiba – tiba saja saya menangis dan entah bagaimana ceritanya seolah saya berkata ini aku Tuhan berkaryalah dalam hidupku. Sambil terus memuji nama Tuhan dengan kerinduan yang teramat sangat, tanpa saya sadari saya merasakan tubuh saya bergetar hebat, dan mulut saya punmulai meracau, berkata – kata yang saya sendiri tidak tahu apa artinya. Yang saya tahu saat itu saya merasa damai suka cita, tidak ada lagi rasa kekuatiran dan ketakutan dalam diri saya.

Sejak saat itulah saya semakin senang mengikuti misa harian dan Persekutuan Doa di gereja. Saya merasa semakin dikuatkan dalam segala hal, yang tadinya saya malu untuk membuat tanda salib ditempat umum, sejak saat itu entah bagaimana saya berani dan tidak malu lagi menunjukkan identitas saya, bahwa saya seorang yang beriman Katolik. Saya pun tak ragu – ragu dalam memberi kesaksian bagaimana saya dijamah oleh Roh Kebenaran Nya sehingga saya semakin dikuatkan dalam Iman.

Roh KudusWalau terkadang godaan untuk kembali kemanusia lama sering datang, namun berkat saudara – saudari saya dalam komunitas Persekutuan Doa yang selalu mendoakan, saya berani untuk menolaknya dan semakin mendekat kepada Tuhan melalui doa adorasi, novena 3 x salam Maria dan yang paling saya rasakan adalah dengan membaca Kitab Suci. Karena dengan membaca KItab Suci, Roh Kebenaran yang telah Tuhan berikan kepada saya memberi pencerahan bahwa apa yang Tuhan kehendaki dalam hidup saya semua tertera pada Kitab Suci tersebut. Awalnya saya memang bingung ketika membaca isi Kitab Suci tersebut, namun perlahan namun pasti Roh Kebenaran membimbing saya sehingga semakin memahami apa yang Tuhan kehendaki dari hidup saya ini. Sungguh saya sangat bersyukur akan kasih Nya yang begitu besar kepada saya, sehingga saya yang penuh dosa ini masih diperkenankan menerima Roh Kebenaran Nya. Marilah kita semua membuka hati, biarkan Roh Kebenaran yang Tuhan utus kepada kita berkarya penuh dalam diri kita sehingga kita senantiasa berada dalam jalan kebenaran Nya menuju kehidupan yang kekal.

Tuhan Memberkati.

Willy – Kity 19

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s