Basic Christian Maturity (BCM)

“Semua itu hanya karena Kasih kemurahan Tuhan saja”. Bukan karena hebat kita. bukan karena kekuatan kita, melainkan karena Roh Kudus terus berkarya dalam diri kita.

Belajar bertumbuh menuju Kedewasaan Kristiani

BPP-PKK (Badan Pelayanan Paroki-Pembaharuan Karismatik Katolik) Santo Yosep yang terdiri dari 4 PDPKK (Persekutuan Doa Pembaharuan Karismatik Katolik) yaitu PDPKK Sanyos, PDPKK Caritas, PDPKK Manna dan PDPKK Eklesia baru saja menyelesaikan Basic Christian Maturity (BCM). Basic Christian Maturity (BCM) merupakan seminar berjenjang dalam PDPKK sesudah SHDR (Seminar Hidup Dalam Roh).

BCM-4Pada bulan Oktober lalu telah terlaksana Seminar Pertumbuhan yang terdiri dari 4 sesi, yaitu (1) Doa, (2) Firman Allah, (3) Komunitas, dan (4) Pelayanan.

Selesai seminar pertumbuhan dilanjutkan ke seminar berikutnya yaitu Seminar Kedewasaan. Seminar ini terdiri dari 8 sesi yaitu (1) Mengasihi Allah, (2) Mengasihi sesama, (3) Iman, (4) Menerima Bimbingan Allah, (5) Dunia dan Persekutuan Kristiani, (6) Mengatasi Kedagingan, (7) Memperbaiki pelanggaran, dan (8) Mengatasi pekerjaan roh jahat.

Kedua seminar tersebut dilaksanakan dengan sistem week-end (setiap Sabtu) pkl. 17.00–21.00 yang dimulai sejak bulan Agustus 2018, bertempat di salah satu villa di Baturaden milik pasutri katolik yang dengan kerelaannya digunakan sebagai tempat seminar hingga seluruh rangkaian seminar selesai.

BCM-5BCM awalnya diikuti oleh 70-an peserta, tetapi dalam perjalanannya hingga seluruh rangkaian sesi-sesi dalam seminar selesai tinggal 45 peserta. Romo Agustinus Dwiyantoro Pr selaku Romo Moderator PDPKK Paroki Santo Yoseph yang juga Pastor Paroki Santo Yoseph turut terlibat dalam kedua seminar ini dengan ambil bagian sebagai nara sumber di 3 sesi, sementara Bapak Johanes Hardjianto selaku pembina PDPKK Paroki Santo Yoseph dengan setia mendampingi 9 sesi seminar sampai selesai.

Puncak retret dan perjalanan ziarah

Sesi ke-8 dari Seminar Kedewasaan yang merupakan puncak dari perjalanan retret para peserta dilaksanakan di rumah Retret Rowoseneng Temanggung pada tanggal 27-28 Oktober 2018. Retret ini diikuti oleh 40 peserta.

Peserta Retret dan Ziarah Rohani berangkat bersama-sama dari Paroki Santo Yosep dengan menggunakan satu bus besar. Sayangnya dalam retret dan ziarah rohani ini Romo Moderator tidak dapat ikut bersama-sama kami. Namun demikian doa dan berkat dari romo selalu menyertai seluruh peserta hingga seluruh agenda acara dan perjalanan dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta kembali ke rumah masing-masing dengan selamat. Dan harapan romo agar kami semua dapat  mengalami pertumbuhan rohani dan mengalami kedewasaan rohani yang sesungguhnya dan semakin mengerti apa kehendak Tuhan benar-benar dapat terwujud dalam diri seluruh peserta. Terimakasih Romo Toro.

bcm-2Kegembiraan dari seluruh peserta yang diungkapkan dengan menyanyikan lagu pujian dan doa rosario selama perjalanan tidak terlupakan. Sungguh semakin dirasakan oleh seluruh peserta betapa indahnya hidup dalam komunitas. Tiba di Rowoseneng, kami langsung makan siang dan istirahat sebentar. Pukul 17.00 acara dimulai dengan melambungkan pujian dan memuliakan Tuhan. Lewat pujian dan memuliakan Tuhan ini, kami merasakan hadirat Tuhan yang luar biasa dahsyat dalam hidup kami. Dan akhirnya sesi ke-8 (sesi akhir dari seluruh rangkaian seminar) pun dimulai. Sesi ke-8 ini dibawakan oleh Bapak Johanes Hardjianto yang mengulas dan merangkum semua sesi. Pada sesi ini seluruh peserta diberi kesempatan untuk refleksi diri. Sesi ke-8 selesai pada pukul 21.00 …. wooow sungguh kami jadi mengerti akan artinya dewasa rohani.

Pagi hari kami dibangunkan kembali oleh karena anugerah Tuhan saja. Selesai makan pagi kami ke acara selanjutnya yaitu wisata rohani menuju ke Taman Doa Gantang dan ke Taman bunga Celosia Bandungan. Namun sebelumnya kami mengikuti perayaan ekaristi di Gereja Katolik Santa Maria dan Yosep Rowoseneng.

Ada saatnya kami berdiam saat teduh, ada saatnya kami bercanda ria bersukacita bersama.  Inilah saatnya kami merasakan kebersamaan dan kesatuan dalam komunitas kami. Kami kembali berdoa di Taman Doa Gantang dan tak lupa ber-foto ria bersama. Dan saatnya kami kembali menikmati indahnya ciptaan Tuhan melalui beraneka bunga-bunga hidup. Sungguh luar biasa karya-Mu Tuhan. Kami dapat sukacita berfoto-foto bersama.

Pada sore hari tak lupa karena kebanyakan dari kami kaum ibu, menuju oleh-oleh untuk bawaan pulang ke rumah. Lalu menuju bis untuk perjalanan kembali ke Purwokerto. Rasa sukacita tetap terpancar dan dirasakan oleh semua peseta. Kebahagiaan atas kebersamaan yang kami alami terpancar dari raut wajah kami. Kebahagiaan ini kami bawa dalam tidur dalam perjalanan pulang. Mungkin ada yang bermimpi indah.

Terus berproses bersama

“Kapan ya acara ini diadakan kembali? Jangan lupa ya aku didaftarkan.” demikian celetuk beberapa ibu dan bapak yang kami dengar. Indahnya kebersamaan, nikmatnya bertumbuh, berproses bersama dan dewasa dalam iman.

Berulang kali dari mulut kami terucap bahwa jika bukan karena Roh Kudus yang menggerakkan kami, mustahil rasanya.

Ada pernyataan dari peserta yang sangat baik untuk diperhatikan bersama yaitu “Dengan berakhirnya Seminar Dasar Kedewasaan Kristiani, tidak secara otomatis semua peserta sudah menjadi dewasa, atau orang lain menganggap kita dewasa. Kedewasaan tidak terjadi dalam 1 hari atau 1 bulan, tetapi proses yang terus-menerus berlangsung. Pertanyaannya: Apakah kita mau menuju ke sana atau tidak?”

Seminar ini hanya membantu menunjukkan arah pertumbuhan rohani menuju kedewasaan. Mari kita berjalan bersama, saling mendukung. Sampai kita diberi kepercayaan dari Bapa untuk melanjutkan karya agung-Nya. Terimakasih Yesus. Terimakasih Roh Kudus. Terimakasih Romo Toro. Terimakasih Bapak Hardjianto. Terimakasih kepada panitia kecil. Terimakasih pada semua peserta atas kesetiaan dan semangatnya. Semoga kita dapat menjadi berkat bagi gereja dan semua orang.

Tuhan Yesus memberkati.

Penulis : 

BCM-6
Yovita Angelina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s