DINAMIKA

Pelatihan Volunteer Komsos Sanyos

Volunteer Komsos Mengenal dan Berlatih Materi Penunjang Pelayanan

Kemajuan teknologi sebagai sarana komunikasi digunakan Gereja sebagai sarana dalam pewartaan Sabda Tuhan. Banyak paroki-paroki menggunakan sarana ini untuk siaran langsung baik perayaan ekaristi, maupun kegiatan-kegiatan lainnya, misal kegiatan pastoral, kategorial, bahkan acara hiburan rohani.

Sejak terjadi pandemi Covid-19, peribadatan sudah tidak lagi menggunakan buku panduan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyebaran virus. Supaya umat dapat mengikuti peribadatan dengan khidmat maka panduan  digantikan dengan menggunakan fasilitas LCD Proyektor. Misa Live Streaming dilaksanakan untuk memfasilitasi umat yang terkendala protokol kesehatan, sakit maupun hal lain. Kegiatan-kegiatan dan pertemuan-pertemuan dilaksanakan secara hybrid  karena sesuatu hal masih menjadi pilihan yang harus dilakukan.

Untuk mengajak umat terlibat dalam pelayaan terutama yang berhubungan dengan tim kerja Komsos, beberapa waktu lalu dibuka pendaftaran untuk Volunteer Komsos Sanyos bagi umat yang tertarik dan mau terlibat. Umat menyambut pendaftaran Volunteer Komsos Sanyos ini. Ada 14 pendaftar yang tertarik. Dari ke-14 pendaftar ada yang tertarik untuk membuat liputan kegiatan, fotografi dan live streaming. Kegiatan-kegitan pelatihan dilaksanakan guna menindaklanjuti pendaftaran ini.

Untuk kegiatan live streaming pelatihan materi penunjang telah dilakukan pada tanggal. 16, 23, 30 Maret 2022. Tiga pertemuan pelatihan multimedia telah selesai dilakukan. Peserta pelatihan mengenal dan praktek 3 materi yang mendukung kegiatan paroki yaitu Easy Worship, Zoom Meeting dan OBS.

Peserta mengikuti dengan antusias dalam mempraktekkan materi-materi yang diberikan. Pada pertemuan pengenalan Easy Worship, ada 5 peserta dari Paroki Katedral Kristus Raja Purwokerto yang bergabung. Bagi peserta dari Paroki Santo Yosep Purwokerto hal ini menambah semangat untuk belajar dan mengikuti setiap materi.

Namun kehadiran peserta belum bisa mencapai 100% dari pendaftar volunteer komsos yaitu 14 orang. Hal ini disebabkan beberapa hal antara lain, ketertarikan materi yang belum dilakukan saat ini, kendala cuaca dan kondisi badan yang kurang sehat.

Setelah pelatihan dilaksanakan, para peserta diberikan kesempatan bertugas dalam perayaan ekarsti harian dan mingguan.

Link foto selengkapnya dapat dilihat di https://drive.google.com/drive/folders/1OTxgiVcinVrLGAcYQFufpkbKL3EdgM_d?usp=sharing 

Semoga dengan adanya Pelatihan ini, juga mengerakkan umat yang memiliki talenta atau bakat yang diberikan oleh Tuhan dapat juga digunakan dalam pelayanan gereja.

Tuhan memberkati.

Penulis,

Lucia T Maylani L (Tim Komsos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.