RENUNGAN

Yohanes Menunjuk Kepada Yesus

Hari Minggu Biasa II (15 Januari 2023)

Yes. 49:3,5-6; Mzm. 40:2,4ab,7-8a,8b-9,10; 1Kor. 1:1-3; Yoh. 1:29-34.

DITERBITKAN OLEH TIM KERJA KITAB SUCI – DPP. SANTO YOSEP PURWOKERTO

“Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” (bdk Yoh 1:29)

Bapak-Ibu, Saudara-saudari terkasih dalam Kristus.

Pernyataan Yohanes Pembaptis dalam perikop diatas sebenarnya menunjuk Yesus.   Yohanes mau menunjukkan kepada kita  tentang keberadaan Yesus sebagai anak Allah yang telah datang ke dunia ini untuk memberikan kita kebenaran dan kehidupan yang kekal.

Tugas Yohanes adalah menyiapkan jalan bagi Tuhan Yesus. Hal ini ada dalam peristiwa pembaptisan di sungai Yordan. Sangat jelas terlihat identitas keilahian Yesus dinyatakan kepada umatNya. Maka Misi Yohanes telah dimulai. Yaitu Yesus sebagai Tuan dan Juru selamat bagi umat manusia,  karena Ia telah mengambil dosa-dosa dunia  dengan tanggung jawabNya sendiri. Maka Kita dipanggil untuk mengikuti Yesus.

Bagaimana Yesus telah mengajak kita untuk mengikuti Dia dan mempercayai kebenaran yang Ia ajarkan. Kita dipanggil untuk menjadi murid-muridNya dan membawa pesan kebenaran ini kepada orang lain. Setelah kita di Baptis apakah kita juga sudah menyadari bahwa dengan baptisan yang kita terima, kita telah memasuki misi Yohanes untuk mengenal Kasih dan mengikuti Yesus dengan setia, taat dan siap diutus?

Bapak-Ibu, Saudara-saudari terkasih didalam Tuhan Yesus.

Saya ingat ketika saya di Baptis usia saya baru 7 tahun, setelah itu perjalanan iman Katolik saya mulai beranjak dari ikut komunitas Seraviem usia SD, lalu masuk ke PPA  sampai SMP kemudian mengenal ikut koor anak-anak disekolah maupun di gereja, lalu SMA ikut Legio Maria, komunitas kegiatan sosial pendamping anak-anak Kali Code sampai kuliah, bahkan sampai kerja, ikut Choice, KKMK. Dan sakramen demi sakramen juga diikuti.  Setelah Baptis, Komuni pertama, Krisma  sampai menikah menerima sakramen pernikahan, makin kedalam mengikuti Yesus makin diperkenalkan lebih dalam bagaimana kasih Yesus yang harus kita hidupi, sebagai ketua lingkungan, DPP, bahkan semakin kita mengikuti DIA semakin dalam Yesus tunjukkan KuasaNya, Belas KasihNya. Semakin buka diri kita mengenal Yesus semakin kita dipakai sebagai alatNya. Melalui KEP saya makin cinta Yesus, melalui Tim Pelayanan Kematian Paroki saya makin mengenal Yesus disetiap pribadi yang kami temui. Saya bersyukur dipakai alatNya untuk mengenal Yesus lebih dalam. Walaupun saya sadar banyak kekurangan dan kelemahan dan keberdosaan saya,  tapi saya tidak habis mengerti, kenapa Tuhan makin menyeret saya lebih dalam untuk mengikutiNya, karena Yesus mencintai dan mengasihi saya.

Bapak-Ibu, Saudara-saudari terkasih didalam Tuhan Yesus.

Semoga saya dan anda makin menyadari bahwa sesungguhnya kita telah dipenuhi oleh Roh Kudus, dan oleh kesadaran ini kita makin setia dan taat mengikuti jejak Yesus dalam mewartakan kerajaan Allah. Kita juga dapat menekankan pentingnya mengikuti Yesus, karena hanya dengan mengikuti Dia, kita dapat mencapai kebenaran dan kehidupan yang kekal. Yesus merupakan jalan, kebenaran, dan kehidupan, sehingga kita harus mempercayai dan mengikuti Dia agar dapat sampai kepada Allah. Kita diingatkan bahwa Yesus telah memberikan kita kasih dan pengampunan yang tak terbatas, sehingga kita harus bersyukur dan mengikuti Dia dengan sepenuh hati.

Tuhan Yesus memberkati

Salom,

Chatarina Endang Muriatin

Lingk. St. Lucia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.