RENUNGAN

Berjaga-jagalah Dan Bersiap-sedialah

Hari Minggu Adven I (27 Nopember 2022)

Yes. 2:1-5; Mzm. 122:1-2,4-5,6-7,8-9; Rm. 13:11-14a; Mat. 24:37-44.

DITERBITKAN OLEH TIM KERJA KITAB SUCI – DPP. SANTO YOSEP PURWOKERTO

“Sebab itu hendaklah kamu juga siap sedia, karena Putra Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Mat 24:44)

Bapak-Ibu, Saudara-saudari terkasih .

Saat ini kita memasuki Masa Adven minggu pertama. Bacaan Injil yang hari ini kita dengar, mengisahkan dimana Tuhan Yesus memberi kesempatan kepada kita semua supaya senantiasa berjaga-jaga dan bersiap sedia. Dengan cara melakukan perbuatan kasih dan pertobatan, sehingga pada saatnya Tuhan datang nanti kita sudah siap dan pantas untuk menyambutNya. Namun demikian seringkali kita terlena untuk mendengarkan dan melakukan pesan Tuhan kita Yesus Kristus tersebut. Kita terlena dengan urusan-urusan duniawi, sehingga kita tidak punya waktu untuk berjaga-jaga dan bersiap sedia menyambut kehadiranNya dan akhirnya keselamatan tidak akan datang menghampiri kita. Apabila kita belum bisa bertobat dan melakukan perbuatan kasih, hidup ini akan terasa hampa, sia-sia, dan tidak berguna.

Maka selagi kita masih diberi kesempatan marilah kita melakukan pesan Tuhan kita Yesus Kristus, dan sambil menantikan kedatanganNya dengan menjaga hati kita tetap fokus tertuju kepadaNya saja, agar tiba saatNya nanti kita boleh merasakan keselamatan yang telah dijanjikanNya. Seperti pesan yang tertulis dalam bacaan Injil hari ini : “Sebab itu hendaklah kamu juga siap sedia, karena Putra Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” (Mat 24:44).  Semoga petikan ayat ini bisa selalu mengingatkan kita semua agar bersiap sedia kapan saja, sehingga saatNya Tuhan datang nanti kita semua sudah layak dan pantas untuk menyambut kehadiranNya.

Bapak-Ibu, Saudara-saudari terkasih.

Masa Adven kali ini sungguh amat mengesan bagi kehidupan saya. Karena saya merasakan Tuhan Yesus begitu mengasihi saya. Bahkan sudah tidak bisa terhitung lagi,  karena kasihNya senantiasa mengalir dan tiada pernah berhenti. Puji dan Syukur saya masih diperkenankan menikmati masa adven yang indah pada tahun ini. Puji dan syukur pula badai C-19 perlahan-lahan sudah menjauh dari bumi ini, banyak perubahan yang bisa saya rasakan, saya boleh semakin dekat mengenal Yesus Sang Juru Selamat. Dia hadir membawa terang dunia, Dia hadir membawa Keselamatan bagi kita semua. Sampai dengan hari ini saya boleh menerima rahmat kesehatan, saya boleh ikut dalam kegiatan pelayanan baik di dalam gereja maupun di luar gereja, saya diberi kesempatan merawat dan menjaga orang tua, saya juga boleh mengembangkan usaha dibidang kuliner, dsb. Itulah kasihNya yang terus mengalir dalam kehidupan saya dan membuat saya untuk semakin dimampukan agar senantiasa berjaga-jaga dan siap sedia menyambut kedatanganNya. Semoga dalam masa penantian ini kita semua, hidup dan karya-karya pelayanan kita senantiasa dibimbing dan diberkatiNya, sehingga kita tidak akan mudah jatuh dan terlena ke dalam dosa, seperti sabdaNya hari ini yang mengajak dan memberi kesempatan kepada kita untuk senantiasa berjaga-jaga dan bersiap sedia, semoga kita semua dimampukan untuk merenung dan melakukan kabar suka cita ini dengan melakukan pertobatan dan perbuatan kasih sepenuh hati,  sampai pada saatNya nanti Dia datang ke dunia ini, agar hati kita sudah siap dan pantas untuk menyambutNya.

Terpujilah Yesus Kristus Tuhan kita kini dan sepanjang masa. Amin.

Marilah kita berdoa, Allah Bapa yang Maha Baik yang bertahta dalam Kerajaan Surga yang Mulia. Segala hormat dan puji Syukur kami panjatkan ke HadiratMu. Terima kasih ya Bapa karena kami boleh memasuki Masa adven yang mulia ini. Berkatilah dan bimbinglah kami agar kami bisa sungguh berjaga-jaga dan bersiap sedia untuk menyambut kedatangan putraMu Tuhan kami Yesus Kristus, dengan melakukan olah batin pertobatan dan melakukan perbuatan kasih keapda sesama. Sehingga saat PutraMu datang nanti kami boleh memperoleh keselamatan yang sejati. Amin.

Berkah Dalem

H. Nilam Kumenyar

Lingk. St.  Lukas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.