Keutuhan Ciptaan

ALAM ADALAH PEMULIH YANG HEBAT

(Pelatihan Budidaya Tanaman Hortikultura sebagai bagian rangkaian Gerakan Hari Pangan Sedunia)

Pelatihan Budidaya Tanaman Hortikultura

Hari Minggu, 21 Agustus 2022 adalah hari yang cerah di wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Di tengah hiruk pikuk kegiatan dan aktivitas masyarakat yang masih merayakan Hari Kemerdekaan, sebagian umat Paroki Sanyos (Paroki Santo Yosep Purwokerto) bersiap mengikuti acara pelatihan yang diselenggarakan Paroki.

Acara diselenggarakan di aula paroki mulai jam 09.00 dan berakhir jam 14.00. Diikuti sekitar 81 orang dari berbagai lingkungan yang ada di Paroki Purwokerto Timur ini.

Materi pelatihan diberikan  dalam bentuk teori maupun praktek. Peserta sangat antusias mengikutinya terutama pada saat praktek menyiapkan media tanam dan menanam. Juga ada praktek membuat Pupuk Organik Cair (POC) dan pestisida alami. Pemateri ada 3 (tiga) orang, narasumber utama Bp. Timotius Setiawan dari Balai Latihan Kerja Pertanian Propinsi Jawa Tengah yang berkantor di Klampok Banjarnegara. Sedangkan pemateri lainnya dari praktisi pertanian yang kebetulan adalah umat Sanyos juga : Bp. FX. Sapto Edi dan Bp. Caesarius Sulistyono.

Pelatihan Budidaya Tanaman Hortikultura sebagai bagian rangkaian Gerakan Hari Pangan Sedunia

Pelatihan Budidaya Tanaman Hortikultura adalah salah satu kegiatan dari proyek Pengembangan Lumbung Ketahanan Pangan Paroki Santo Yosep dalam rangka Gerakan Hari Pangan Sedunia tahun 2022. Mengapa disebut pengembangan, karena proyek ini sebagai tindak lanjut kegiatan Lumbung Ketahanan Pangan pada masa pandemi tahun 2020 – 2021 yang lalu. Setelah pelatihan ini akan dilanjutkan dengan pemberian bantuan bibit, benih, pupuk dan media tanam bagi rumah tangga/perorangan untuk ditanam di rumah masing-masing. Bantuan juga diberikan kepada 5 kelompok dari beberapa lingkungan sebagai lumbung pangan berbasis lingkungan. Selanjutnya kegiatan menanam di kelompok dan halaman rumah masing-masing.

Rangkaian kegiatan HPS masih panjang. Di awal bulan Oktober akan diadakan pula pelatihan pengelolaan hasil pangan, dengan kegiatan semacam kursus membuat aneka sambal, es krim dari jagung dan bagaimana membuat keripik sayuran yang mempunyai nilai ekonomis atau nilai jual. Dilanjutkan dengan lomba menghias altar dari tanaman sayuran atau hortikultura lainnya. Misa Perayaan HPS sebagai puncak akan dilaksanakan 16 Oktober mendatang. Kemudian kegiatan ditutup dengan Perayaan HPS dan bazar UMKM yang rencananya dilaksanakan pada 23 Oktober 2022.

Alam adalah pemulih yang hebat

Harapan dari kegiatan menanam ini adalah disamping menggalang solidaritas umat dengan menanam tanaman pangan untuk kebutuhan sendiri dan lingkungan, juga meningkatnya kesadaran dan gerakan umat terhadap pelestarian sumber daya pangan khususnya dan penghijauan pada umumnya.

Alam telah menyediakan media terbaik, jika kita kelola dan kita usahakan pasti akan memberikan hasil. Pekarangan yang kosong bisa kita manfaatkan, jika tidak ada pekarangan pun kita bisa memakai wadah menanam dalam polibag, pot maupun barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan. Menanam merupakan kegiatan yang membangun, merubah keadaan dari yang kurang produktif menjadi produktif. Dalam skala besar menanam dan melakukan penghijauan membuat alam menjadi hijau. Penghijauan adalah menanam pohon di tempat yang diyakini bisa tumbuh, termasuk di halaman rumah kita sendiri. Lahan menjadi berfungsi sebagaimana mestinya. Karena alam sejatinya memulihkan segalanya jika kita kelola. Alam adalah pemulih yang hebat.

Terima kasih. Berkah dalem

Penulis,

Baptista Varani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.