Uncategorized

PELATIHAN VIDEOGRAFI, EDITING VIDEO DAN DESIGN

SEMANGAT BELAJAR TAK MENGENAL USIA

PELATIHAN VIDEOGRAFI, EDITING VIDEO DAN DESIGN

Tim Kerja Komsos Paroki Santo Yosep kembali menggelar kegiatan berbasis multi media. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan pelatihan Videografi, Editing Video dan Design dengan menggunakan peralatan sehari-hari yang sudah familier kita gunakan yaitu handphone. Kegiatan digelar pada tanggal 18, 25 Juli, dan 2 Agustus 2022 yang diikuti oleh 45 peserta. Ke 45 peserta ini adalah umat dari berbagai lingkungan dan kelompok kategorial yang ada id Paroki Santo Yosep Purwokerto.

Tidak ada batasan usia saat pendaftaran pelatihan, syarat utamanya hanya mempunyai handphone dan dapat mengoperasikan serta bertanggung jawab. Oleh karena itu peserta ada yang kelas 5 SD sampai yang sudah usia lanjut. Peserta sungguh memiliki semangat belajar yang kuat. Berusaha mengikuti pengarahan dari para mentor untuk melaksanakan tugas membuat video, mengedit dan mendesign.

Situasi saat pelatihan berlangsung.

Materi dalam pelatihan kali ini adalah rekaman video meliputi bagaimana cara mengambil gambar supaya tidak goyang-goyang yang di sebut gempa bumi, berapa lama pengambilan gambar, posisi mengambil gambar dan lain-lain. Materi kedua yaitu mengedit video, dimana para peserta diberikan tips dan trik, bagaimana menambah layer untuk audio, teks, efek gambar, efek perpindahan, dan lain-lain. Aplikasi yang digunakan untuk pelatihan membuat video dan edit video adalah KINEMASTER.

Sementara materi ketiga yaitu design menggunakan aplikasi CANVA. Dalam materi ketiga ini peserta diberikan pelatihan bagaimana cara membuat design sederhana, menambahkan teks, gambar, pengaturan posisi dan cara membuat presentasi dengan Canva.

Karena antusias dan semangatnya peserta, maka pertemuan yang awalnya dijadwalkan 3 kali pertemuan, ditambah menjadi 4 pertemuan. Materi tambahan yang diberikan yaitu membuat presentasi dengan Canva sesuai dengan keinginan peserta.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini mendorong para peserta terlibat aktif di dalam lingkungan maupun kelompok kategorial untuk membagikan warta atau kabar kegiatan yang terjadi di lingkungan maupun kelompok kategorial masing-masing, sehingga umat yang lain dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan.

Walaupun pelatihan secara tatap muka sudah berakhir, para peserta tetap semangat dalam belajar dan bertanya melalui grup whatsapp untuk menambahkan pengetahuan yang lebih lanjut.

Saat ini para peserta meramaikan HUT Kemerdekaan RI ke 77 dengan membuat twibbon HUT Kemerdekaan RI ke 77 yang dapat dipilih dan digunakan oleh umat.  

Twibbon karya peserta pelatihan
dalam rangka HUT Kemerdekaan RI

Harapan dari Tim Kerja Komunikasi Sosial adalah para peserta merupakan perpanjangan tangan dari tim dan mampu menjadi duta-duta komunikasi social.

Semoga para peserta palatihan membawa dampak baik untuk lingkungan, kelompok kategorial maupun parokial.

Untuk melengkapi pelatihan ini, akan diadakan Pelatihan Fotografi dan Menulis Liputan, semua pelatihan ini juga menggunakan sarana handpone sebagai perangkat utama. Pelatihan terbuka untuk umat Paroki Santo Yosep Purwokerto yang mau terlibat dalam kegiatan pewartaan melalui alat sederhana yang sehari-hari digunakan.

Pelatihan yang  akan datang

Untuk mengikuti Pelatihan Fotografi dan Liputan, peserta dapat mendaftar melalui GF https://bit.ly/PELATIHANMULTIMEDIA4.

Penulis,

Lucia Tjeng Maylani Lancarsari

Koordinator Tim Kerja Komsos

Kategori:Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.