DINAMIKA

Misa PDKK Sanyos

Ia Menumpang Di Rumah Orang Berdosa

Bertemu dalam kasih-Nya

Bertemu dalam hadirat-Nya

Mari bersuka cita semua

Di dalam rumah Tuhan

Sepenggal bait dalam lagu tersebut, mewakili sukacita kelompok kategorial Persekutuan Doa Pembaharuan Karismatik Katolik Santo Yosep (PDPKK Sanyos), pada Misa PDKK Sanyos yang dilaksanakan pada hari Selasa 16 November 2021.  Mengapa bersukacita? Karena mereka boleh berjumpa kembali dan merayakan Ekaristi bersama, setelah sekian lama tidak dapat berjumpa dan bersekutu dalam doa di dalam Perayaan Ekaristi. Perayaan Ekaristi dilaksanakan di Aula Santo Yosep.

Hujan lebat pada siang hari, membuat kekuatiran para pengurus, karena sebagian umat PDPKK Sanyos sudah lansia. Memohon kepada Tuhan supaya saat waktunya nanti hujan reda. Tetapi setelah reda, hujan kembali sampai mendekati waktu misa.

Saya merasakan, Tuhan menantikan kedatangan umatnya, seperti dalam Kitab Suci disampaikan, “Tuhan sudah mengundang semua orang, tetapi yang menjawab undangan adalah yang terpilih.”

Yang dikuatirkan tidak hadir karena hujan dan usia ternyata tidak terjadi. Hujan tidak menghalangi umat untuk ber-ekaristi bersama.  Merindukan kehadiran Tuhan dalam Ekaristi dan menerima Komuni Kudus menjadikan semangat untuk hadir.  Hal ini terbukti dengan banyaknya anggota PDKK Sanyos yang hadir.

Perayaan Ekaristi di pimpin oleh Romo Elton (Romo Vikaris Sanyos).  Dalam homilinya Romo Elton meneguhkan bahwa keputusan penting bisa terjadi di meja makan. Seperti keputusan Zakeus yang membagikan hartanya, keputusan Yesus saat perjamuan terakhir yang menyerahkan Tubuh dan DarahNya dan memberikan perintah Kasihilah Sesamamu Manusia.

Lalu bagaimana kita menyikapi bila Yesus datang ke rumah kita?

Keputusan penting di meja makan bisa menjadi kesempatan berbagi dengan anggota yang lain dan  tanda persekutuan dan persatuan. Juga sebagai tanda persekutuan dan persatuan dengan Kristus yang ditandai dengan perubahan yang mensejahterakan banyak orang.

Homili selengkapnya bisa dilihat dan didengarkan di https://youtu.be/QknkoX-eLb8

Romo Elton juga meminta bantuan umat PD membantu doa untuk kelancaran pelaksaaan Konser Persembahanku yang akan dilaksanakan tanggal 3 Februari 2022.

Perayaan ekaristi ditutup dengan pujian penyembahan dan dilanjutkan dengan pelayanan doa, umat yang memohon didoakan maju satu persatu dan mendapatkan doa. Para pendoa yang membantu Ibu Yustina, Ibu Melina, Bapak Hardjianto dan Romo Elton.

Selesai misa dan pelayanan doa, umat pulang dengan sukacita.

Semoga sukacita itu tetap dan menyala senantiasa, untuk dikabarkan kepada sesama.

Tanggapan umat :

Yang pasti bisa hadir kumpul begitu bahagia banget loh. Kangen. Sungguh suasana sukacita bersama bikin semangat…… hati berbunga-bunga. Meriah melepas rindu bisa sukacita memuji Tuhan.

Yang saya rasakan, ada kerinduan untuk bersekutu doa dan pujian bersama kepada Tuhan Yesus Kristus.

Ada damai dan sukacita. Terutama saat saya ikut Misa Ekaristi Kudus, hati saya sangat tenang dan damai. Tuhan sangat mengasihi ku.

Kalau menurut pengalaman saya….  ada rasa rindu bersekutu dengan Tuhan dan teman-teman (sebelumnya…..).  Setelahnya ada rasa bahagia dan sukacita yang mngalir didalam hati…. Semoga dengan bernyanyi bisa memuliakan dan mnyenangkan hati Tuhan …. terlebih lagi bisa menyambut tubuh Kristus.

Bersyukur sekali tadi pagi gelap mendung. Doa kita semua dikabulkan Tuhan…. mohon jangan hujan…. Kalau sudah sampai rumah baru hujan Tuhan.

Tuhan memberkati.

Penulis

Lucia T Maylani L.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.