AKTUALIA

Sugeng Rawuh Romo Elton

Ungkapan mengatakan, ada yang pergi pasti ada yang datang.

Setelah ditunggu-tunggu siapa gerangan pengganti Romo Kristiaji setelah Romo Kristiaji mendapat tugas baru di Paroki Santa Perawan Maria Purworeja, akhirnya terjawab sudah. Melalui SK Uskup Purwokerto Nomor 063/SK-K/UP/2020 Mgr. Christophorus Tri Harsono – Uskup Keuskupan Purwokerto memberikan tugas kepada Romo Yohanes Emanuel Krobi Toby, MSC sebagai Vikaris Parokial Santo Yosep Purwokerto mulai tanggal 18 Agustus 2020.

Setelah menjalani masa isolasi mandiri selama 7 hari di Purworejo, pada hari Jum’at 21 Agustus 2020 Romo Yohanes Ermanuel Krisbi Toby, MSC yang dikomunitas MSC akrab di sapa dengan nama Pastor Elton dihantar Romo Sani MSC (Superior MSC Jawa Tengah) dan Romo Wisnu MSC (Pemimpin Aspiran dan Yuniorat MSC) menuju Purwokerto untuk menempati ‘rumah dan keluarga yang baru’ yaitu Paroki Santo Yosep Purwokerto.

Suasana penyambutan Romo Elton

Kurang lebih Pkl. 12.00 sebuah mobil warna coklat tua memasuki halaman gereja Santo Yosep. Itulah mobil yang hanya ditumpangi oleh 3 Romo (Romo Sani, Romo Wisnu dan Romo Elton). Ketiganya langsung disambut oleh Romo Sumanto dan Dewan Pastoran Harian yang sudah siap di Aula. Tidak ada acara meriah dalam penyambutan ini. Semua berjalan sederhana, dan sudah tentu mengikuti standar protocol Kesehatan. Acara hanya diisi dengan perkenalan singkat para romo yang dihantar oleh Romo Sani. Sementara perkenalan DPP harian disampaikan oleh Bapak Marwoto selaku sekretaris DPP. Sambutan juga hanya disampaikan oleh Romo Sani yang menghantar Romo Elton, Romo Elton sendiri yang sekaligus perkenalan dan terakhir Romo Manto selaku tuan rumah. Setelah itu acara dilanjutkan dengan ramah-tamah, makan siang dan diakhiri foto Bersama. Dan Romo Elton pun resmi menempati kamar yang ditinggalkan oleh Romo Kristiaji.

Inilah Vikaris Parokial kita yang baru Romo Elton :   

Selamat datang Pastor Yohanes Emanuel Krobi Toby, MSC (Elton) di Gereja St, Yosep Purwokerto. Lahir di Larantuka – Flores, 19 Des. 1979. Tahbisan Imam Religius MSC 04 Juli 2009 di Katedral Hati Tersuci Maria-Menado oleh Mgr.Joseph Suwatan, MSC.  Pastor yang memilih Moto Hidupnya  “Dia Tuhan, biarlah diperbuat-NYA apa yang dipandang-NYA baik”.

Adapun Riwayat Pendidikannya sbb :

  • 1985 – 1986  :  TKK Pertiwi  – Larantuka
  • 1986 – 1992  :  SDN Postoh – Larantuka
  • 1992 – 1995  :  SMPN I – Larantuka
  • 1995 – 1999  :  Seminar San Dominggo – Hokeng 
  • 1999 – 2000  : Pranovisiat MSC Pineleng Manado
  • 2000 – 2001    : Novisiat Karangayer, Kebumen- Jawa Tengah 
  • 10 Agst 2001 : Profesi Religius Pertama sebagai MSC      
  • 2000 – 2004  :  Studi Filsafat di STF Seminari Pineleng – Manado 
  • 2005 – 2006  :  TOP di Hati Kudus Yesus Tegal, Keuskupan Purwokerto – Jawa Tengah
  • 2006 – 2008  :  Studi Teologi di STF Seminari Pineleng – Manado
  • 21 Oktober 2007 : Mengikrarkan Kaul Kekal dalam Kongregasi Misionaris Hati Kudus Yesus
  • 13 Juli 2008  :  Tahbisan Diakon di Pineleng – Manado
  • Juli 2008 – Mei 2009  :  Praktek Diakon di Paroki St. Eugenius de Mazenod-Tanjung Redeb, Keuskupan Tanjung Selor – Kalimantan Timur
  • 4 Juli 2009  :  Tahbisan Imam di Gereja Katedral Hati Tersuci Maria – Manado.

Demikian sekilas Pendidikan Pastor Elton sapaan akrab beliau. Setelah ditahbiskan menjadi imam pada Juli 2009, ia diutus oleh Kongregasi Misionaris Hati Kudus ke Langgur, Kepulauan Kei – Keuskupan Amboina untuk menangani Karya Kategorial MSC sebagai Pengurus Yayasan Siwa Lima Langgur yang mengelola Persekolahan Teknik (STM), Perbengkelan Misi dan Panti Asuhan Solandres. Setelah menjalani 2 tahun Masa Neomis, Pastor Elton diutus untuk Studi Lanjut Magister Managemen Pendidikan dan kemudian ke ATMI SOLO utk belajar Basic Mechanik. Setelah menyelesaikan study, Pastor Elton dipercayakan untuk kembali ke Langgur menjadi Kepala Sekolah STM Siwa Lima St. Yosep Langgur sejak 2013-2018. Pada tahun 2018, beliau diutus ke Komunitas Biara MSC Ureyana ke Kepulauan Tanimbar – Maluku untuk menangani Karya Media Penyiaran Radio (Radio Ureyana Cordis 101 FM) milik Kongregasi Misionaris Hati Kudus Yesus. Beliau menghabiskan 11 tahun imamatnya dalam pelayanan misi kategorial MSC di Maluku.

Selamat datang Pastor Elton, selamat berkarya dan berdinamika di tengah umat Paroki Santo Yosep Purwokerto. Semoga Tuhan menyertai dan mendampingi karya dan pelayanan Romo. Tuhan memberkati Amin. 

#Purwokerto, 21-08-2020,  #Penulis Chatarina Endang M.  #Sekertaris II DPP St. Yosep. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.