AKTUALIA

Baptisan Bayi Di Masa New Normal Covid-19

Keluarga adalah sekolah pertama dan utama dalam menanamkan iman dan menjadi pewarisan iman kepada anak-anak sebagai anugerah terindah dari Allah. Membaptiskan anak sesegera mungkin adalah bentuk pemenuhan janji orangtua sewaktu menerima sakramen perkawinan.

Setelah menunggu hampir 5 bulan akhirnya kegiatan baptisan bayi dibuka Kembali. Sehari sebelum peletakan batu pertama pembangunan gedung pastoral, pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020, pukul. 18.00 wib, tim katekese mengumpulkan para orang tua calon baptis beserta wali baptis untuk mengikuti doa triduum. Pendampingan kali ini sungguh berbeda dengan pendampingan-pendampingan sebelumnya. Karena dalam masa pandemi covid 19 maka pelaksanaanya harus sesuai protokol kesehatan dengan jaga jarak, memakai masker, hand sanitiser. Durasi pendampingan pun dipersingkat, sehingga yang biasanya diawali ibadat dan peneguhan dari Tim Kerja Kerasulan Keluarga, kali ini hanya diberi peneguhan dari Tim Kerja Katekese. 3 (tiga) orangtua calon baptis bayi dari lingkungan St. Paulus dan St Yosep mengikuti kegiatan pendampingan ini yang dilanjutkan dengan gladi bersih di gereja didampingi oleh Tim Kerja Litrugi. Selanjutnya para orangtua mendoakan bayi mereka di rumah bersama keluarga sampai menjelang hari permandian.

Pertemuan pendampingan diawali katekese baptisan bayi oleh Bapak Paulus Suminarto dari Tim Kerja Katekese. Dalam suasana santai tapi serius disampaikan tentang sejarah, makna dan sarana yang digunakan dalam baptisan diberikan kepada bayi. Bagian akhir segenap orang tua dan wali baptis.

Penerimaan Sakramen Permandian dilaksankana pada tanggal 26 Juli 2020, pukul 08.30 setelah misa pagi, dipimpin oleh Romo Valentinus Sumanto Winata, PR.

Rasa syukur, kesan dan pesan, serta harapan orang tua

Stefanus Ageng Budi Pratama dan Elisabet Aciyani Putri Pamungkas orangtua dari Ananda Aloysia Aliana Batari menyampaikan kesannya bahwa dari persiapan dan saat permandian merupakan hal yang tidak mudah dilalui semua orang karena situasi pandemi ini, tapi gereja telah membuka pelayanan untuk pendampingan dan penerimaan sakramen permandian untuk baptisan bayi. Maka kesempatan ini kami tangkap untuk mewujudkan keingingan kami membaptiskan anak kami sesegera mungkin. Rasa syukur dan ucapan terima kasih untuk semua yang terlibat dalam pelayanan pendampingan sampai dengan acara baptisan putri kami. Semoga kita semua yang terlibat dalam pelayanan semakin diberi anugerah kesehatan dan tetap semakin semangat dalam melayani umat.

Selanjutnya sebagai orangtua kami berharap semoga anak kami, semakin tumbuh berkembang imannya menjadi pewaris kerajaan surga, yang selalu dekat dengan Tuhan, menjadi anak Tuhan yang manis.

Kristoforus Suwardiman Budi Permana & Veronika Windia Utami orangtua ananda Rafael Devine Gevariel Permana merasakan bagaimana bahagianya telah mengantarkan buah hati tercinta untuk dibaptis dengan iman katolik. Mereka menyadari bahwa sebagai orang tua harus secara aktif mendidik anak-anak dan terlibat alam proses pendidikan iman anak-anaknya. Orang tua sendiri harus mempraktekkan imannya, berusaha untuk hidup kudus, dan terus menerapkan ajaran iman katolik salah satunya dengan sakramen baptis.

Dibalik rasa syukur dan bahagia terselip harapan semoga kelak bayi mereka yang sudah dibaptis akan bertumbuh dalam iman katolik, menjalankan perintah-perintah Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta kelak aktif dalam pelayanan di gereja.

Selamat kepada para orangtua dan batisan bayi.

Terima kasih kepada Tim Liturgi, Tim Komsos atas jalinan kerjasamanya.

Salam Sehat penuh sukacita

Berkah Dalem

Laurensia M.S (Tim Kerja Katekese)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.