DINAMIKA

Tukar Pelayanan PPA Dekanat Tengah KP

Satu dalam gerak dan semangat

Minggu, 16 Februari 2020, PPA St. Cajetanus Paroki St. Yosep Purwokerto menjadi tuan rumah tukar altar atau tukar pelayanan PPA se-Dekanat Tengah Keuskupan Purwokerto. Yang bertugas melayani ekaristi adalah PPA Katedral Kristus Raja Purwokerto. Tukar Altar ini dihadiri oleh 89 anggota PPA dari seluruh paroki di Dekenat Tengah Keuskupan Purwokerto, yakni paroki Katedral Kristus Raja, paroki St. Antonius Banjarnegara, paroki St. Agustinus Purbalingga, paroki St. Maria Immaculata Banyumas dan paroki St. Yosep Purwokerto.

Tukar altar atau tukar pelayanan merupakan program kerja pendamping Putera-Puteri Altar (PPA) se-Dekenat Tengah Keuskupan Purwokerto. Dalam program tukar pelayanan ini, anggota PPA dari suatu paroki melayani perayaan ekaristi di gereja paroki lain yang telah ditentukan secara bergilir sesuai jadwal yang telah disepakati oleh Tim Pendamping PPA se-Dekenat Tengah. Kesamaan tata gerak dan semangat pelayanan membuat PPA siap melayani di gereja paroki yang berbeda.

Dalam misa yang dipimpin oleh Romo Antonius Budiyanto ini, ada penyerahan plakat sebagai tanda estafet tuan rumah pada tukar altar berikutnya. Giliran tuan rumah berikutnya adalah PPA Katedral Kristus Raja. Setelah perayaan ekaristi semua anggota PPA menuju ke Ruang St. Yoakim untuk mengikuti acara bersama.

Kompak dan saling menopang

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Acara pertama adalah dinamika kelompok. Di setiap kelompok, anggotanya berasal dari berbagai paroki agar saling membaur dan mengenal teman dari paroki lain. Mereka dipersilakan berkenalan satu sama lain di dalam kelompok masing-masing. Lalu memilih salah satu dari antar mereka untuk menjadi ketua kelompok. Setelah selesai berkenalan, kakak MC menunjuk salah satu dari anggota kelompok untuk mengenalkan teman-teman satu kelompoknya. Tak lupa juga ada sambutan dari Romo Paroki kita, RD. Valentinus Sumanto Winata.

Acara selanjutnya tak kalah seru, yaitu games. Para ketua kelompok diberi penjelasan teknis terlebih dahulu oleh Kakak MC. Permainannya adalah estafet karet menggunakan sedotan. Kelompok yang paling banyak mengoper karet tanpa jatuh, mereka yang menang. Memang sederhana, tetapi permainan ini bila dihayati dengan baik, sungguh bermakna bagi pelayanan PPA. Makna dari permainan ini adalah kekompakan dan saling menopang. Coba saja kalau sedotannya tidak saling menopang, pasti karetnya sudah jatuh di tengah jalan. Begitu pula dalam pelayanan, para anggota PPA mesti kompak dan saling menopang satu sama lain.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Acara berlanjut dengan pentas seni oleh PPA masing masing paroki. Selain terampil dalam pelayanan, ternyata banyak bakat dan potensi yang dimiliki PPA. Semua yang hadir merasa terhibur oleh apa yang dipentaskan teman-teman mereka.

Setelah semua menampilkan kebolehannya, diumumkan pemenang kategori pentas seni dan lomba estafet karet. Penilaian dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi teman-teman PPA dalam acara bersama ini.

Tukar PPA Dekteng

Tukar Pelayanan PPA se-Dekanat Tengah Keuskupan Purwokerto di Paroki St. Yosep (16/02/2020)

Hari sudah menjelang siang. Acara yang berlangsung seru itu harus diakhiri, mengingat beberapa PPA masih ada tugas pelayanan dalam misa minggu sore. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Maylani Lancarsari, pendamping PPA St. Cajetanus. Berkat Tuhan diberikan kepada semua yang hadir melalui Romo Manto.

Sebelum kembali ke tempat masing-masing, teman-teman PPA menikmati hidangan makan siang yang telah disiapkan. Semoga kegiatan tukar pelayanan ini terus diadakan karena bermanfaat bagi teman-teman PPA se-dekanat tengah. Selain mempererat jalinan persaudaraan, kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan semangat pelayanan PPA di paroki masing-masing. Selamat melayani. Tuhan memberkati.

Penulis,

Angelina Krishna Adi

Angelina Krishna Adi

1 reply »

  1. Proficiat dan luar biasa PPA Sanyos sebagai Tuan rumah yg wellcome buat rekan2 PPA Dekanat Tengah yg lain. Tingkat kan terus persaudaraan antar PPA dan ttp rendah hati serta siap diutus melayani.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.