AKTUALIA

Presiden Jokowi Undang Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia

Surat Jokowi Kepada Paus Fransiskus

Isi surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Paus Fransiskus mendadak viral di kalangan umat Katolik Indonesia, Jumat (24/1) sore. Surat tertanggal 16 Januari 2020 itu berisikan undangan resmi Presiden Joko Widodo yang ditujukan kepada Paus Fransiskus yang berencana mengunjungi Indonesia pada tahun ini.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat undangan kepada Paus Fransiskus yang hendak mengunjungi Indonesia.

“Memang Paus (Fransiskus) merencanakan ke Asia Tenggara, juga ke Indonesia di tahun ini. Pak Presiden (Joko Widodo) pun sudah menyampaikan undangan,” kata juru bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah (Jumat, 24/1) saat dikonfirmasi perihal surat undangan Presiden Joko Widodo yang berbedar di kalangan umat Katolik Indonesia.

Jubir Kemenlu itu enggan mengomentari lebih lanjut terkait isi draf surat yang beredar itu. Dia hanya memastikan bahwa surat tersebut memilki kemiripan dengan draf yang disiapkan pemerintah Indonesia. Namun perihal tandatangan Presiden Joko Widodo justru baru diketahuinya setelah ditanyakan awak media.

“Memang Bapak Presiden ada mengirimkan surat undangan,” ujar Faizasyah saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (24/1/2020) malam.

Berikut ini isi surat Presiden Jokowi yang menantikan untuk menyambut kedatangan Bapa Suci Paus Fransiskus pada September 2020.

PRESIDEN

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 16 Januari 2020

Yang Teramat Mulia,

Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, saya menyampaikan salam hangat kepada Yang Teramat Mulia serta Pemerintah Takhta Suci Vatikan.

Saya telah menerima kabar bahwa Yang Teramat Mulia berencana untuk mengunjungi Indonesia pada bulan September tahun ini. Sehubungan dengan itu, dengan gembira saya menyampaikan kepada Bapa Suci, sebagai Pemimpin Spiritual Gereja Katolik, sebuah undangan resmi untuk menjadi tamu kami.

Saya percaya bahwa kunjungan Yang Teramat Mulia akan menjadi momentum yang sangat baik untuk mempererat persahabatan dan kerja sama demi kemaslahatan kita bersama.

Seraya menantikan untuk menyambut Yang Teramat Mulia di Indonesia, terimalah, Bapa Suci, penghargaan saya yang setinggi-tingginya.

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

JOKO WIDODO

————-

Sumber tulisan: dirangkum dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.