AKTUALIA

Sukacita Anak dan Remaja SanYos Jadi “Bintang Misioner”

Perayaan Hari Anak Misioner 2020

“Kami anak-anak missioner..

Kami sobat-sobat Tuhan Yesus…”

Itulah penggalan syair lagu yang dinyanyikan dengan penuh keceriaan oleh anak-anak dan remaja yang hadir pada misa perayaan Hari Anak Misioner (Minggu, 5 Januari 2020) di Gereja Santo Yosep Purwokerto, pukul 09.00 WIB. Keceriaan itu terpancar jelas di wajah mereka. Misa dipimpin oleh RD. Valentinus Sumanto Winata. Anak-anak dan remaja bersama orang tua yang turut hadir, diajak untuk meresapi makna perjalanan tiga orang Majus dari Timur dengan cara yang menyenangkan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sebelum jarum jam menunjukkan angka 9, siswa-siswi SD Putera Harapan telah siap menyambut umat yang mulai berdatangan. Pukul 9 misa pun dimulai. Lantunan musik angklung dan paduan suara persembahan dari murid SD St. Yosep Purwokerto ini terdengar meriah dan merdu.

Para petugas liturgi seluruhnya diisi oleh anak-anak dan remaja, mulai dari lektor, pemazmur, kolektan, hingga pembawa persembahan. Mereka menjalankan tugas pelayanannya dengan sangat baik.

Anal-anak SD Palm Kids membantu mengambil kantong kolekte dan membawa beberapa persembahan ke depan altar Terdapat dua rangkaian bunga dengan lilin di tengahnya, parsel buah, serta kotak kolekte. Persembahan ini menjadi wujud cinta dan syukur mereka bagi Tuhan.

Drama “Tiga Raja”

Salah satu yang paling menarik dan paling ditunggu adalah penampilan drama “Tiga Raja”. Dibawakan oleh anak-anak dari SD Karitas, penampilan teatrikal ini memberi gambaran visual yang apik mengenai perjalanan tiga orang raja dari Timur yang membawa hadiah untuk bayi Yesus yang lahir di Betlehem.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Drama tersebut melibatkan beberapa anak yang memerankan tiga raja. Juga seorang malaikat pembawa bintang besar dengan penari yang mengiringi, serta Santo Yosep dan Bunda Maria yang membawa bayi Yesus.

Dengan dibantu oleh seorang narator, anak-anak dan seluruh umat yang hadir menjadi semakin paham bagaimana perjuangan ketiga raja mengandalkan petunjuk dari bintang terang untuk sampai kepada Yesus. Selain itu, mereka juga harus mengikuti petunjuk dalam mimpi supaya Herodes tak mengetahui dimana persisnya tempat kelahiran “Sang Raja orang Yahudi” ini. Tepuk tangan meriah menjadi penanda berakhirnya drama tersebut.

Jadilah Bintang Misioner

Sebelum menutup homili, Romo Manto mengajak anak-anak berdialog dengan memberi pertanyaan yang beragam. Mulai dari siapa nama tiga raja tersebut, dari manakah datangnya mereka, serta apa pesan malaikat kepada mereka sebelum pulang ke negerinya. Anak-anak pun antusias menanggapi dan menjawabnya. Suasana homili menjadi sangat interaktif dan hangat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tak lupa, anak-anak juga diajak untuk berefleksi dari kisah hari ini. Tiga orang pun maju dan menjawab bahwa menjadi anak-anak Allah berarti harus bisa menjadi sahabat bagi banyak orang, mau ikut serta menjaga lingkungan, dan memperdalam iman dengan rajin ke gereja. Sekitar pukul 11, misa pun ditutup dengan berkat oleh Romo Manto.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pesan dari misa ini, anak-anak dan remaja bersama seluruh umat, diingatkan tentang tugas untuk melanjutkan karya misi gereja. Untuk itu anak-anak dan remaja diajak untuk mencari, menemukan, dan merenungkan makna hadirnya Yesus. Tidak hanya di tengah dunia, namun juga hadirnya Yesus di dalam hati sebagai pedoman hidup sehari-hari. Semoga anak-anak dan remaja SanYos mampu menjadi “bintang misioner” untuk mewartakan sukacita dan membantu orang lain menemukan kasih Tuhan.

Selamat menjadi Bintang Misioner!

Penulis,

Hilaria Arum

Hilaria Arum

Kredit foto: Yoh. Purwanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.