AKTUALIA

Pekan Doa Sedunia 2020

Setiap tanggal 18-25 Januari dilaksanakan Pekan Doa Sedunia (PDS) untuk Persatuan Umat Kristiani.

Tema tahun ini, “Mereka Sangat Ramah terhadap Kami” (bdk. Kis 28: 2), mengacu pada kisah Paulus menemukan keselamatan di Malta setelah peristiwa kecelakaan kapal. Sumber daya untuk minggu itu telah dipersiapkan oleh anggota berbagai gereja di Malta.

Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristiani diselenggarakan bersama oleh Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) dan Dewan Kepausan untuk Mempromosikan Persatuan Kristen, dari Gereja Katolik Roma sejak 1968. Di belahan bumi selatan, di mana Januari adalah masa liburan, gereja sering kali menemukan hari-hari lain untuk merayakannya, misalnya sekitar Pentakosta, yang juga merupakan tanggal simbolis untuk persatuan.

“Pekan Doa untuk Persatuan Kristen telah menjadi bagian dari tahun iman bagi banyak orang Kristen karena kami terus berdoa, bersama Yesus sendiri, untuk karunia persatuan,” kata Pdt Dr Susan Durber, moderator dari Komisi Iman dan Ketertiban WCC, seperti dilansir situs resmi oikoumene.org.

“Sangat mengharukan membayangkan orang-orang Kristen di seluruh dunia, dari begitu banyak tradisi, berbagi dalam refleksi yang sama selama seminggu ini.”

Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan Keuskupan Purwokerto menyediakan bahan-bahan PDS 2020 yang dapat diunduh untuk keperluan Ibadat Ekumenis, Renungan Dan Doa.

Ada juga alternatif cara sederhana untuk menyemarakkan PDS, yaitu dengan menambahkan Doa untuk Persatuan Umat Kristiani (Puji Syukur 177) dalam misa harian; entah sebelum misa, setelah homili, atau kebijakan liturgi paroki.

Terima kasih.

Silahkan unduh:

Penjelasan Pelaksanaan PDS 2020

Teks Tata Ibadat Ekumenis PDS 2020 –> jika paroki ingin mengadakan ibadat ekumenis dengan gereja-gereja Kristen lain.

Teks Renungan dan Doa PDS 2020 –> bisa dibacakan sebelum misa harian/mingguan selama Pekan Doa Sedunia 18-25 Januari 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.