AKTUALIA

Pemakluman Sinode Diosesan Keuskupan Purwokerto 2020

Pemakluman Sinode Diosesan
Keuskupan Purwokerto
Tahun 2020

Para pastor, suster, bruder, dan saudara-saudariku seluruh umat keuskupan Purwokerto yang dikasihi Allah.

Sejak saat ditunjuk oleh Bapa Suci sebagai Uskup Purwokerto pada pertengahan tahun 2018 yang lalu, saya telah berkeliling mengunjungi seluruh Paroki (dengan sebagian stasi-stasinya) di keuskupan kita ini. Saya juga mengunjungi karya-karya kerasulan yang ada di keuskupan ini, baik di bidang pendidikan, kesehatan, maupun karya sosial. Selain itu, saya juga berjumpa dengan berbagai kelompok kategorial yang hidup dan berkembang di keuskupan kita ini. Semua itu adalah dalam rangka untuk mengenal, mengetahui, dan mengerti situasi dan kondisi keuskupan, serta memahami data-data permasalahan dan keunggulan-keunggulan keimanan yang ada.

Dari pengenalan akan situasi tersebut, kita melihat bahwa perlulah kita bersama manata, melengkapi, dan menyempurnakan kembali tata kelola penggembalaan keuskupan Purwokerto agar lebih sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat ini. Memang, zaman telah berubah, tata penggembalaan yang selama ini dinilai tepat dan baik pun dirasa perlu untuk diperbaharui dengan memperhatikan situasi nyata dunia di mana kita diutus menjadi terang dan garam.

Untuk itu, saya memutuskan untuk menyelenggarakan Sinode Diosesan tahun 2020. Sinode artinya berjalan bersama. Dalam sinode ini, seluruh umat diajak untuk berjalan dan berencana bersama sebagai communio Gereja Katolik (Bdk. KHK 1983 Kan. 460 – 468) sehingga kita dapat mengerti dengan tepat dan benar segala yang dibutuhkan, direncanakan, dan dicita-citakan oleh Gereja Katolik keuskupan Purwokerto. Dari sana, kita dapat menyusun rencana / program (jangka pendek, menengah, dan panjang) keuskupan ini.

Sinode keuskupan Purwokerto ini akan berlangsung selama sepuluh bulan. Selama kurun waktu ini, seluruh umat akan diajak untuk berefleksi bersama mulai dari lingkup lingkungan sampai akhirnya refleksi di tingkat keuskupan pada Puncak Sinode Diosesan di bulan Oktober 2020 nanti.

Saudara-saudariku sekalian yang saya hormati dan banggakan; dalam bersinode ini, saya mengajak kita semua untuk merefleksikan Panggilan dan Perutusan kita sebagai murid-murid Kristus. Ada 4 harapan/refleksi :
1) Kebanggaan sebagai orang Katolik yang berkualitas yang terwujud nyata dalam pelayanan yang optimal
2) Jati diri sebagai communio, persatuan dan kesatuan antara hierarki dan umat beriman, antara Paroki dengan seluruh keuskupan, dengan demikian kita siap menjalankan suatu sistem baku-terpadu yang hierarkis ( yang jujur / terbuka, mumpuni, dan terpercaya).
3) Identitas kekatolikan kita akan dikenal, kalau kita mau terbuka, melayani, dan berbagi kepada sesama kita. Dengan demikian kita perlu untuk berdialog dengan semua orang.
4) Gereja keuskupan ini juga siap berdialog dengan alam semesta (ekologis), budaya setempat, dan sesama manusia, apa pun keyakinan dan kelompoknya, terlebih yang sangat membutuhkan sapaan, pelayanan, dan kemurahan Gereja, seperti mereka yang kecil, terbuang, tersingkirkan, dan miskin-papa.

Para pastor, suster, bruder, kaum muda, dan saudara-saudariku semua yang dicintai Allah, kita mengharapkan hasil sinode akan membantu seluruh warga keuskupan untuk mempunyai visi-misi, dan orientasi yang sama dengan keuskupan ini.

Sinode ini adalah sebuah peristiwa penting bagi keuskupan kita dalam menegaskan arah dan cita-cita bersama, maka saya mengajak kita semua untuk berpartisipasi sebagai wujud tanggung jawab akan Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto tercinta ini. Marilah kita semua aktif terlibat secara sungguh-sungguh dalam proses sinode ini : dalam berefleksi bersama, berpikir bersama, berjalan bersama.

Maka pada hari ini, Minggu 29 Desember 2019, bertepatan dengan Pesta Keluarga Kudus, saya nyatakan Sinode Diosesan Keuskupan Purwokerto tahun 2020 dimulai.

Selamat bersinode, dan Berkah Dalem

†Mgr. Christophorus Tri Harsono
Uskup Keuskupan Purwokerto

Unduh: File Pemakluman Sinode Keuskupan Purwokerto Tahun 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.