RENUNGAN

Datanglah Ya Roh Kudus

HARI RAYA PENTAKOSTA (9 Juni 2019)

Kis. 2:1-11; Mzm. 104:1ab,24ac,29bc-30,31,34; 1Kor. 12:3b-7,12-13 atau Rm. 8:8-17; Yoh. 14:15-16,23b-26

DITERBITKAN OLEH TIM KERJA KITAB SUCI – DPP. SANTO YOSEP PURWOKERTO

“tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 14:26)

Bapak/ibu/saudara/i terkasih,

Hari ini adalah Hari Raya Pentakosta. Dalam bahasa Yunani disebut pentecoste yaitu hari kelima puluh setelah merayakan paskah atau sesudah Yesus bangkit dari antara orang mati dan sepuluh hari sesudah Yesus naik ke Surga. Di dalam Kitab Perjanjian Lama, pentecoste dihubungkan dengan peristiwa saat Bangsa Israel merayakan perjanjiannya dengan Allah di Gunung Sinai yaitu saat pemberian Sepuluh Perintah Allah kepada Musa. Pada pentecoste di Yerusalem peristiwa itu lalu dikenang di dalam gereja perdana dan diwariskan sampai saat ini. Dan pada hari inilah kita merayakan hari lahirnya Gereja. Roh Kudus atau paracletos dijanjikan oleh Tuhan Yesus kepada para rasul saat memberikan amanat perpisahannya. Dan saat itu, Roh Kudus turun atas Bunda Maria dan Para Rasul dan memberi mereka kekuatan sehingga para rasul yang sejak kematian Yesus berada dalam keadaan yang amat memprihatinkan, takut, kecewa, bingung, tidak berani dan tidak dapat berbuat apa-apa itu menjadi berani keluar dan menjadi saksi Kristus ke seluruh dunia.

Bapak/ibu/saudara/i terkasih,

Pentakosta-1Di paroki kita, persiapan sebelum Hari Pentakosta didahului dengan Novena Roh Kudus. Selama 9 hari berturut-turut dimulai sesudah hari Kenaikan Yesus ke Surga (tanggal 31 Mei 2019) dan berakhir hari Sabtu menjelang Pentakosta (tanggal 8 Juni 2019), umat paroki Santo Yosep diajak untuk mempersiapkan diri menyambut Hari Pentakosta. Bahkan, setelah Perayaan Pentakosta juga diadakan Pujian Dan Doa Pentakosta di mana kita diingatkan kembali bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan kita. Tuhan akan menganugerahkan  Roh-Nya, yaitu Roh Kudus yang akan senantiasa menguatkan kita, diberikanNya secara sempurna dan paripurna, asal kita mau mengasihi Dia dan senantiasa hidup bersama-sama dalam Dia.

Kita menerima Roh Kudus pertama kali pada saat kita menerima Sakramen Baptis. Kemudian kita dikuatkan dalam Roh Kudus oleh Sakramen Penguatan. Namun, kita masih bisa berkali-kali minta agar Roh Kudus dicurahkan atas kita, baik saat perayaan Pentakosta, doa Pencurahan Roh Kudus, atau saat kita berdoa secara pribadi.

Apa sih yang dianugerahkan Roh Kudus kepada kita?

Paling tidak ada 4 hal :

Pertama, Roh Kudus memampukan kita berjumpa dengan Yesus secara pribadi, sebagai sumber kebenaran dan sukacita sejati.

Kedua, Roh Kudus memberi kita Sapta Karunia-Nya yaitu, Roh Hikmat, Roh Pengertian, Roh Nasehat, Roh Keperkasaan, Roh Pengenalan akan Allah, Roh Kesalehan, Roh Takut akan Allah (Yesaya 11:2-3).

Ketiga, Roh Kudus menganugerahkan karisma-karisma antara lain : karisma bahasa Roh, mengajar, bernubuat, sabda pengetahuan, mukjizat (kesembuhan), membedakan Roh, melayani, memimpin, dan masih banyak lagi.

Keempat, di samping karunia dan karisma ini, ada juga buah Roh Kudus yakni kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-23).

Bapak/ibu/saudara/i terkasih,

Menerima Roh Kudus tidak serta merta terjadi dengan sendirinya, namun ada syarat untuk mendapatkannya. Yaitu dengan rumus A-B-C = Ask, Believe dan Confess

1. ASK = Minta

“Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! IA akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” (Lukas 11:13)

Jadi saat berdoa atau di doakan, mintalah Roh Kudus.

2. BELIEVE = FAITH

Believing Faith – Iman yang percaya

Trusting Faith – Iman yang berserah

Expectance FaithIman yang DINYATAKAN

Living Faith – Iman yang dihidupi / dihayati

Seperti iman perempuan yang pendarahan 12 tahun dalam Mat 9: 21 (Karena katanya dalam hatinya: “Asal kujamah saja jubahNya, aku akan sembuh”)

3. CONFESS = Pertobatan Total

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. (Kis2:38)

Bapak/ibu/saudara/i terkasih,

Marilah kita memiliki kerinduan untuk menerima curahan Roh Kudus, kita tahu bahwa Yesus sendirilah yang melakukan pencurahan Roh Kudus “Yohanes Pembaptis berkata: “aku membaptis kamu dengan air, tetapi DIA akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.“ (Mrk 1:8)”. Jadi hendaklah kita mempersiapkan diri dengan meminta, percaya dan bertobat terlebih dahulu sebelum menerima Roh Kudus. Dan semoga Roh Kudus yang dicurahkan atas kita, memampukan kita untuk hidup dalam iman yang hidup dan kasih yang nyata, supaya kita selalu dapat hidup dalam damai dengan semua orang. Mari kita gunakan karunia-karunia Roh Kudus untuk melayani-Nya dengan lebih baik.

Marilah berdoa, Datanglah Roh Kudus, penuhilah hati umat-Mu dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu. Utuslah Roh-Mu dan semuanya akan dijadikan baru. Dan Engkau akan membaharui muka bumi. Amin.

Berkah Dalem

Dionisius Hence Cahyadi

Lingkungan Andreas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.