AKTUALIA

Paus Fransiskus Tandatangani Perubahan Doa Bapa Kami Dan Kemuliaan Dalam Bahasa Italia

Pada tanggal 22 Mei 2019, selama pertemuan konferensi para uskup Italia, Ketua Presidium Konferensi Wali Gereja Italia: Kardinal Gualtiero Bassetti telah mengumumkan persetujuan perbaikan terjemahan edisi ketiga dari Tata Perayaan Ekaristi (TPE) untuk Italia termasuk perubahan terjemahan pada doa Bapa Kami dan Kemuliaan.

Paus Fransiskus menandatangani perubahan doa Bapa Kami dan Kemuliaan

Yang berubah dalam doa Bapa Kami; “dan jangan masukan kami ke dalam pencobaan” menjadi “jangan biarkan kami jatuh kedalam pencobaan”.

Yang berubah dalam Kemuliaan adalah mulai dari “Damai dibumi bagi orang-orang yang berkehendak baik” menjadi “Damai di bumi bagi orang-orang yang dikasihi Allah”.

Perbaikan pada TPE Italia adalah usaha selama 16 tahun dengan tujuan untuk “berkontribusi pada pembaruan komunitas gerejawi setelah reformasi liturgis.”

“Para uskup dan para ahli bekerja untuk memperbaiki teks dari sudut pandang teologis, pastoral, dan gaya, serta memperbaiki penyajian TPE.”

Perbaikan ini telah mendapatkan konfirmasi dari Kongregasi Suci urusan ibadat dan sakramen yang merupakan pengakuan atas keputusan yang dibuat oleh konferensi para uskup. Dalam beberapa bulan mendatang, Edisi ke-3 dari TPE (Misale Romawi) akan dicetak dan tersedia untuk digunakan.

Manila: Hunyo-03-2019
Pater Tuan Kopong MSF

Diterjemahkan dari sumber: https://www.ucatholic.com/news/pope-francis-approves-changes-to-lords-prayer-gloria-of-italian-missal/

~ ♥ ~

Doa Bapa Kami

Bapa Kami

Bapa kami yang ada di surga,
Dimuliakanlah nama-Mu.
Datanglah kerajaan-Mu.
Jadilah kehendak-Mu
di atas bumi seperti di dalam surga.
Berilah kami rezeki pada hari ini,
dan ampunilah kesalahan kami,
seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.
Dan jangan biarkan kami
Jatuh ke dalam pencobaan,
tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin

Kemuliaan

Kemuliaan kepada Allah di surga. Dan damai di bumi bagi orang-orang yang dikasihi Allah. Kami memuji Dikau. Kami meluhurkan Dikau. Kami menyembah Dikau. Kami memuliakan Dikau. Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal. Ya Tuhan Allah, Anak Domba Allah, Putra Bapa. Engkau yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami. Engkau yang menghapus dosa dunia, kabulkanlah doa kami. Engkau yang duduk di sisi Bapa, kasihanilah kami. Karna hanya Engkaulah kudus. Hanya Engkaulah Tuhan. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus, Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.