DINAMIKA

Choice: Mengenal, Mencintai dan Melayani

Weekend Choice angkatan ke 63

 

Jumat-Minggu, 24-26 Mei 2019 Choice distrik Purwokerto kembali mengadakan Weekend Choice Angkatan Ke-63. Bertempat di Rumah Retret Maria Immakulata/Wisma OMI Kaliori, kepesertaan weekend kali ini tidak hanya diikuti oleh muda mudi Keuskupan Purwokerto saja namun juga dari keuskupan lainnya. Sebanyak 16 peserta mengikuti weekend yang diadakan hari  ini.

Selama berjalannya acara, tampak peserta mengikutinya dengan penuh suka cita. Dan di penghujung acara banyak dari peserta yang memberikan kesan positif yang memantapkan pribadinya dalam membentuk relasi secara baik seperti kasih Allah.

Sikap belonging

 

Choice merupakan salah satu kelompok kategorial di Gereja Katolik yang hendak mewartakan cinta kasih Injili dengan cara mengenal, mencintai dan melayani sesama. Melalui sikap belonging yaitu keinginan untuk mau menjadi bagian dari orang lain secara mendalam, sehingga peristiwa apapun juga tidak akan sampai memutuskan relasi yang ada.

Saat ini pendidikan di sekolah mengajarkan berbagai bidang kehidupan yang membuat mandiri dan sukses. Sayangnya di balik semua itu masih saja terdapat ruang kosong di hati. Tetap ada rasa haus akan kebahagiaan yang sejati. Syukurlah, ada cara yang dapat mengisi ruang hati dengan kebahagiaan yang kita cari. Kebahagiaan yang langsung diajarkan dari sumbernya, yaitu Yesus Kristus sendiri. Karena sesungguhnya kebahagiaan itu sudah ada di sekeliling kita, tidak jauh namun kita tidak mudah untuk mengenalinya.

Melalui Choice yang merukapan School of Love bersama – sama kita menikmati kehadiran dan pengajaran-Nya. Karena dimana Yesus Kristus dihadirkan di situlah ada kasih dan pengharapan. Weekend Choice ini mirip seperti retret, yang dilaksanakan secara reflektif dan melibatkan penyertaan Tuhan di dalamnya. Ada ibadat dan perayaan ekaristi, serta ada  proses penerapan nilai-nilai choice lewat contoh-contoh pengalaman yang dibagikan. Acaranya dikemas sedemikian apik dan menarik. Peserta diajak turut berdinamika, terlibat secara aktif dan fokus di setiap acara dengan meninggalkan secara total segala pikiran akan kesibukan sehari-hari.

Choice sendiri mengajak peserta untuk mampu berdamai dengan pribadinya dengan berpedoman pada Kasih Allah melalui pelayanan dan mengasihi sesama. Dengan semangat Choice diharapkan peserta mampu melepaskan hambatan pribadinya dan menebarkan kasih kepada keluarga, teman dan masyarakat. Dalam pelaksanaannya Choice juga dapat diikuti oleh pemeluk agama lain. Karena nilai-nilai Choice yang universal inilah membuat Choice dapat diterima oleh pemeluk agama apapun.

 

Semoga nilai – nilai Choice dapat diaplikasikan oleh peserta dalam hidup berelasinya. Selain itu nilai-nilai dalam Choice dapat membentuk para peserta menjadi pribadi yang mampu mengasihi, melayani dan mencintai tanpa syarat. Diharapkan pula para peserta dapat menjadi berkat dan mewartakan sukacita bagi masyarakat luas. Amin.

Penulis:

Matheus Septio Rian.jpg

Matheus Septio Rian
Tim Weekend Choice 63

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.