AKTUALIA

Berdayakan Umat Dengan Program Kerja 2019, Medsos dan Dana APP

Pengesahan Program Kerja 2019

Jumat, 17 Mei 2019 berlangsung rapat pleno terbatas pengurus Dewan Pastoral Paroki, Dewan Pastoral Stasi dan pengurus lingkungan serta kelompok kategorial di aula paroki. Sebanyak 70 orang hadir mewakili setiap tim kerja dan kepengurusan stalingkat.

Setelah menikmati hidangan sate ayam diiringi lagu yang dibawakan oleh Bu Titin, Dion dan keybordist Bu Yovita, rapat dimulai pukul 18.45 WIB. Bapak Yohanes Supriyanto sebagai pembawa acara menyilahkan Bpk Sugiyatno untuk memimpin doa pembukaan.

Agenda utama rapat adalah pengesahan Program Kegiatan DPP Stalingkat 2019 oleh Romo Paroki St. Yosep, RD. Valentinus Sumanto Winata. Pengesahan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan no 13/SK-DPP/2019 oleh Bpk Vincentius Marwoto selaku Sekretaris DPP. Kemudian Romo Paroki memberikan sambutan singkat sekaligus pernyataan penetapan Program Kegiatan DPP Stalingkat 2019.

Berita Acara Pengesahan Program Kerja 2019.jpg

Berita Acara Pengesahan Program Kerja DPP Stalingkat 2019

Dilakukan pula penandatanganan Berita Acara oleh Romo Paroki beserta 3 saksi, yakni Romo Kristiadji, Bpk Antonius Legiman (mewakili Dewan Pengurus Stasi) dan Bpk Kodrat Supadmo (mewakili pengurus lingkungan dan kelompok kategorial).

Setelah berkas Program Kerja DPP dan Stalingkat ditandatangani, Romo Manto menyerahkannya secara simbolik kepada wakil dari DPP yakni Bpk Andreas Sri Budiyanto (Kabid Diakonia), Bpk Yohanes Supomo (Ketua Dewan Stasi) dan Ade Setyabudi (OMK Voltus, mewakili kelompok kategorial).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Berkas Program Kerja 2019 ini merupakan hasil dari proses panjang yang baru bisa dimulai pada bulan Februari karena DPP baru dilantik tanggal 20 Januari (baca juga: Diutus Menjadi Berkat ). Tahap pertama, penyusunan program dan kegiatan oleh tim kerja DPP, DPS, pengurus lingkungan dan kelompok kategorial. Kemudian  program dan kegiatan itu dimasukkan dalam formulir online, lalu mendapat catatan atau rekomendasi perbaikan oleh DPP Harian.

Proses selanjutnya adalah perbaikan program dan kegiatan tersebut oleh setiap tim kerja DPP, DPS dan pengurus lingkungan serta kelompok kategorial. Setelah diperbaiki, progam dan kegiatan itu divalidasi dan diverifikasi oleh tim Litbang DPP. Proses terakhir, dilakukan rekap dan dikonversi ke dalam file PDF lalu dicetak terbatas (untuk mengurangi penggunaan kertas). Berkas softcopy-nya dibagikan kepada seluruh pengurus DPP dan pengurus Stalingkat melalui WA grup.

Penjelasan proses evaluasi

Bpk Romanus Edy Prabowo sebagai koordinator tim Penelitian dan Pengembangan, memberikan penjelasan tentang proses evaluasi atau penilaian terhadap pelaksanaan program kegiatan. Penilaiannya meliputi 5 hal, yakni ketuntasan, kualitas proses, ketepatan waktu, sasaran target dan serapan dana. Kelima butir evaluasi itu diberi level  penilaian 1-10.

Penilaian atau evaluasi menjadi tanggungjawab bersama setiap tim kerja dan pengurus stalingkat. Pelaksanaan evaluasinya harus dilakukan bersama setelah suatu program dan kegiatan selesai dilaksanakan, tanpa harus menunggu akhir tahun. Hasil dari evaluasi itu dimasukkan ke dalam formulir online yang sama yang digunakan saat memasukkan program dan kegiatan.

Proses evaluasi diharapkan dapat lebih optimal karena dilakukan secara bersama, terukur dan masih aktual (tidak terlalu lama dari waktu pelaksanaan programnya).  Dengan demikian di akhir tahun nanti, tidak menumpuk beban evaluasi untuk semua program dan kegiatan. Selain itu model evaluasi ini sudah mulai digunakan di akhir tahun lalu dan tetap konsisten digunakan tahun ini. Diharapkan konsistensi itu membantu dalam menganalisa perubahannya.

Medsos sebagai sarana pemberdayaan

Dalam rapat ini juga disampaikan perkembangan media sosial paroki sebagai sarana pemberdayaan umat. Prinsip pemberdayaan itu diwujudkan secara konsisten dengan menempatkan umat sebagai subyek utama dalam bermedia sosial. Tim komsos paroki mengambil peran sebagai fasilitator yang membantu umat untuk berbagi pengalaman. Medsos dapat membantu tumbuhnya semangat saling mengapresiasi apa yang baik yang dimiliki dan dialami oleh umat. Kemudian hal baik itu saling dibagikan melalui media sosial dan online.

Apresiasi Medsos ParokiRomo Kris memberikan apresiasi kepada umat Sanyos yang terlibat aktif dalam memanfaatkan medsos dan media online. Sebagian besar artikel dalam website paroki adalah kiriman umat. Banyak umat yang baru pertama kali membuat tulisan pengalaman atau liputan tentang program dan kegiatan paroki, lingkungan maupun kelompok kategorial. Meski awalnya ragu, namun kemudian menjadi lebih berani membuat tulisan dan mengirimkannya kepada tim komsos paroki. Banyak foto dan video juga disajikan oleh umat sendiri yang bisa melengkapi tulisan tersebut.

Selain media sosial dan online paroki, diapresiasi pula medsos yang dimiliki dan dikelola oleh beberapa lingkungan dan kelompok kategorial. Sampai saat ini sudah ada sekitar 15 medsos (terutama facebook dan instagram) yang dimiliki umat lingkungan dan kelompok kategorial.

Lihat album: Medsos di Paroki Sanyos

Selain sebagai media informasi dan komunikasi, medsos itu juga dapat menumbuhkan rasa memiliki dan memiliki (sense of belonging), serta rasa bangga sebagai bagian dari lingkungan atau kategorialnya. Keduanya akan menumbuhkan kegairahan baru bagi anggotanya untuk mengembangkan diri dan memberikan yang terbaik. Ide-ide baru, potensi-potensi dan peluang-peluang dapat muncul karena semangat saling berbagi dan belajar.

Media sosial juga dapat menjadi data penting dinamika yang terjadi di paroki, stasi, lingkungan dan kelompok kategorial. Ini sejalan dengan gerak pastoral berbasis data yang dikembangkan di paroki Sanyos sejak pertengahan 2016 lalu.

Mengingat berbagai manfaat dari media sosial dan online itu maka umat dihimbau untuk menggunakannya secara optimal dan bijaksana dalam rangka pemberdayaan. Masih perlu ditingkatkan partisipasi dengan berbagi cara, entah dengan membuat tulisan, mendokumentasikan lewat foto dan video, menjadi follower, memberi like, komen dan subscribe website dan medsos yang ada di paroki. Terakhir, dirasakan kebutuhan akan relawan komsos baik untuk terlibat di media paroki maupun menghidupkan medsos di tiap lingkungan dan kelompok kategorial. Oleh karena itu, dalam waktu dekat (tepatnya Minggu 2 Juni 2019) bertepatan dengan Hari Komsos Sedunia, akan dilaksanakan workshop bagi umat Sanyos.

Pendaftaran melalui form online : http://bit.ly/workshop-komsos atau scan QR Code di bawah ini:

QR Code form workshop.png

QR Code formulir workshop komsos

Pemberdayaan lewat dana APP

Agenda ketiga dari rapat malam itu ialah laporan dana APP Paroki Sanyos 2019 yang disampaikan oleh Bpk Andreas Sri Budiyanto. Kabid Diakonia sekaligus Ketua Panitia APP Paroki ini, memaparkan jumlah kotak APP yang dibagikan dan kembali, beserta jumlah perolehan dana APP tiap lingkungan dan sekolah-sekolah katolik di wilayah paroki St. Yosep. Ditampilkan pula data APP tahun 2018 sebagai pembanding.

Diapresiasi adanya peningkatan jumlah kotak dan perolehan dana APP di tahun 2019 ini. Jumlah kotak meningkat dari 951 di tahun 2018 menjadi 994 kotak di tahun 2019. Sedangkan perolehan dananya meningkat dari Rp. 115.027.600 menjadi Rp. 122.868.800 atau naik 6,82%.

Peningkatan itu terjadi sejak 3 tahun terakhir karena metode pengumpulan dan penghitungan dana APP dilakukan oleh tiap lingkungan. Setelah itu baru disetorkan ke panitia APP Paroki untuk dijumlah totalnya. Kemudian dana itu disetorkan ke Panitia APP Keuskupan setelah dipotong biaya operasional (untuk kegiatan sosialisasi dan pembuatan kotak).

Pada kesempatan ini juga disosialisasikan prosedur permohonan bantuan dana APP beserta formulirnya. Persyaratan dan prosedurnya tidak berubah, namun terjadi perubahan pada batas atas atau plafon dana yang meningkat untuk beberapa jenis dana bantuan.

Dalam dialog terungkap beberapa hal penting, antara lain tentang kurang aktifnya pengurus lingkungan dan kelompok kategorial untuk memanfaatkan dana APP untuk pemberdayaan dan sarana bantuan bagi umat dan masyarakat. Pemanfaatan dana APP itu juga dapat meningkatkan kepedulian umat untuk turut membantu karena ada sekian persen dana yang menjadi kontribusi lingkungan / kelompok kategorial. Dapat pula digalang bantuan dari umat sebagai donatur untuk menambah dana APP yang jumlahnya memang tidak terlalu banyak itu. Selain itu Paroki juga siap membantu sebagian dananya yang diambil dari pos dana fakir miskin.

Ditekankan oleh Romo Manto, bahwa prosedur yang ada, termasuk survei yang akan dilakukan panitia APP Paroki tidak bermaksud untuk mempersulit umat. Itu prosedur standar yang harus dilakukan untuk memastikan penggunaan dana yang dimohon tepat sasaran dan bermanfaat. Bahkan bila dirasa perlu setelah melalui pertimbangan, dana APP yang terbatas itu dapat ditambahkan oleh panitia APP dan tim kerja PSE Paroki.

Romo Kris juga mengingatkan tentang penggunaan dana APP untuk pemberdayaan sosial ekonomi yang sifatnya bergulir, umat penerima bantuan mesti dibantu dalam pengelolaannya. Untuk itu sangat dibutuhkan bantuan dari tim PSE maupun lembaga lain, seperti koperasi. Bpk Legiman, sebagai pengurus salah satu Credit Union menyatakan kesiapsediaannya untuk membantu memberi pelatihan gratis bila paroki akan mendirikan suatu koperasi.

Di penghujung rapat, Bpk Lukas Sugiyanto selaku Kabid HBKRT memberi informasi tentang rencana peremajaan mobil operasional romo paroki dan perubahan sistem perparkiran. Akan disediakan 4 kotak di depan pintu gereja untuk menampung sumbangan parkir dari umat. Diharapkan petugas parkir akan lebih fokus memberikan pelayanan kepada umat sehingga parkir lebih tertib dan lancar.

Mengakhiri rapat pada pukul 21.05 WIB,  Bpk Paulus Suharyadi memimpin doa penutup dan disempurnakan dengan berkat Tuhan melalui Romo Sumanto. Selamat melaksanakan program dan kegiatan DPP Stalingkat 2019. Semoga umat paroki St. Yosep semakin berdaya dan “siap diutus menjadi berkat” bagi keluarga, gereja dan masyarakat. Itulah fokus garapan pastoral paroki St. Yosep 2019. Berkah Dalem. *_*

*diolah dari notulensi rapat (notulis: Fr Yoyok Hardiyanto)

Foto by Yohanes Purwanto

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.