DINAMIKA

Apa Yang Dapat OMK Berikan Untuk Indonesia (1)

Beriman itu membangun gerakan

Pendalaman iman Prapaskah atau Aksi Puasa Pembangunan (APP) tahun 2019 sedikit berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Jika pada tahun-tahun yang lalu OMK Voltus mengadakan pendalaman iman hanya dengan kelompok kategorial yang ada di Paroki Santo Yosep Purwokerto, pada tahun ini OMK Voltus mengadakannya bersama dengan Komisi Kerasulan Mahasiswa Katolik Keuskupan Purwokerto alias KOKERMA KP. Terlibat pula OMK Katedral Kristus Raja (OMK3R), Unit Kegiatan Mahasiswa Katolik (UMAKA) Unsoed dan mahasiswa STIKOM Yos Sudarso.

Tujuannya supaya orang-orang muda katolik di Paroki Santo Yosep dapat berbaur dengan lingkungan luar dan tidak hanya aktif dalam lingkungan Gereja saja. Selain itu, dari sisi Kokerma supaya mahasiswa/i yang ada di lingkup Keuskupan Purwokerto dapat berbaur dengan Orang Muda di lingkungan Gereja, bukan hanya di lingkungan kampus saja. Terutama untuk mereka yang merupakan anak rantau.

IMG-20190430-WA0006

Tema APP 2019

Pada tahun ini, tema besar Aksi Puasa Pembangunan (APP) Tahun 2019 yaitu “100% Katolik, 100% Indonesia”. Sedangkan tema utama APP kategori OMK yaitu ‘Apa yang Dapat Kita Berikan untuk Indonesia’. Pendalaman APP kategori OMK tahun ini menggunakan metode empat langkah Youcat grup study : know, share, meet dan express.

(1) Know, menunjuk suasana berbagi pengalaman iman yang mendalam dengan peneguhan peneguhan dari ajaran iman Gereja.

(2) Share, berbagi pengalaman hidup yang nyata bertolak dari ajaran iman, atau pengalaman iman mengenal Yesus di langkah sebelumnya. OMK didorong untuk dapat mengungkapkan perasaan dan pandangannya.

(3) Meet, perjumpaan ini nantinya bukan hanya perjumpaan dengan Yesus dalam doa-doa, namun juga “tugas” mengalami perjumpaan dengan teman, bahkan yang berbeda agama sekalipun.

(4) Express, sebagai suatu komunitas diharapkan OMK dapat berekspresi sesuai minat, bakat, dan talenta masing-masing, tidak hanya dalam komunitasnya, tapi melangkah ke lingkaran yang lebih luas di luar komunitasnya. Sebelum pelaksanaan pendalaman APP, telah disepakati bersama antara OMK dan Kokerma bahwa setiap pertemuan akan diadakan di tempat yang berbeda.

Pendalaman Iman APP Pertama-1

Pendalaman Iman APP pertama OMK Voltus dan Kokerma di FEB Unsoed (150319)

Pertemuan APP yang pertama diadakan di FEB Unsoed pada hari Jumat, 15 Maret 2019 pukul 17.30 WIB. Tema pada Pendalaman APP yang pertama yaitu “Beriman Itu Membangun Gerakan”. Peserta yang datang cukup banyak dan terdiri dari banyak mahasiswa katolik perwakilan kampus-kampus yang ada di Purwokerto, dengan jumlah sekitar 70 peserta. Pertemuan APP ini dihadiri oleh Romo Antonius Ary Setyawan, sebagai Ketua SC Kokerma dan Diakon Fikalis Rendy Aktor.

OMK Voltus sendiri sebanyak 14 orang hadir dalam pendalaman iman APP kali ini. Pendalaman APP dipandu oleh Viola, selaku pengurus dari Unit Mahasiswa Katolik Unsoed (Umaka Unsoed). Viola memandu dari pengantar, sesi pertama sampai dengan sesi yang terakhir.

Sesi pertama : Knowing Jesus, yaitu peserta diajak untuk membaca Sabda Tuhan (Lukas 4 : 1-13) secara bergantian laki-laki dan perempuan. Sesi yang kedua : Sharing Jesus, dalam sesi ini pemandu memperlihatkan sebuah film pendek yang berjudul “Google Ngulik Ramadhan : Satu dalam Kita”. Dalam film itu dikisahkan perjalanan sebuah band anak muda yang mendapat tawaran audisi musik di Bali. Namun, hari audisi musik tersebut bertepatan dengan hari pertama Ramadhan di mana salah satu personelnya terbiasa melewati hari pertama puasa bersama dengan keluarganya. Dia merasa galau dan bimbang. Dua teman yang lain rela ikut berpuasa demi meneguhkan temannya yang Muslim itu bahwa dia tidak sendirian menjalani puasa di hari pertama. Film pendek tersebut sangat menarik karena menggambarkan iman sebagai suatu gerakan untuk berbuat baik, saling menghormati, dan saling memahami.

Setelah menonton film pendek tersebut, peserta dibagi menjadi empat kelompok untuk menjawab pertanyaan sharing yang telah disiapkan oleh pemandu. Lalu peserta diminta untuk menampilkan drama pantomim dengan tema yang berbeda-beda setiap kelompoknya. Dalam pementasannya, peserta yang lain merasa terhibur dengan tampilan dari setiap kelompok. Drama pantomim tersebut sebagai sesi yang terakhir yaitu Expressing Jesus.

Sesi expressing Jesus selesai, dilanjutkan  dengan peneguhan oleh Diakon Rendy dan Romo Ary, dan ditutup dengan doa penutup yang dibacakan secara bersama-sama. Pertemuan APP yang pertama ini membuat kami merefleksikan diri tentang hal-hal apa saja yang membuat kami – kaum muda – merasa mager atau enggan untuk keluar dari zona nyaman kami dan bagaimana cara supaya kami tidak terperangkap dalam zona nyaman yang membawa dampak buruk bagi diri kami sendiri.

Indonesia Rumah Kita Bersama

OMK Voltus ketempatan sebagai tuan rumah pada pertemuan APP yang kedua, dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2019 pukul 18.30. Tema pendalaman APP II ini adalah “Indonesia, Rumah Kita Bersama”. Acara dimulai sedikit terlambat karena kendala hujan lebat sore itu. Kami selaku tuan rumah sedikit khawatir, peserta yang datang tidak akan banyak. Seiring dengan waktu yang terus berjalan, tidak disangka-sangka peserta yang datang cukup banyak, sekitar 55 orang hadir dalam pendalaman APP II tesebut.

Pendalaman APP II dipandu oleh Azis sebagai MC dan fasilitator Diakon Rendy, Sr. Laurentia, OP dan Sr. Hieronima, ADM. Sebagai pembuka untuk menghangatkan suasana, peserta menyanyikan lagu Rumah Kita, dilanjutkan dengan doa pembuka dan pengantar. Suasana semakin hangat dengan ice breaking singkat ‘Tari Saman’ yang dipandu oleh Diakon Rendy. Setelah itu, peserta diajak menonton film singkat berjudul ‘Rumah’ yang menceritakan kerinduan seorang ibu merayakan Natal bersama dengan anaknya.

Masuk pada sesi yang pertama yaitu sesi Knowing Jesus : membaca Sabda Tuhan (Luk 9 : 28-36) dan dilanjutkan dengan sesi Sharing Jesus yang dibahas dalam kelompok-kelompok kecil. Pertemuan APP II ini juga dihadiri oleh Sr. Florentine. Dalam sesi sharing tersebut Diakon Fikalis Rendy dan para Suster menjadi mentor dalam kelompok yang sudah dibentuk itu. Sharing dalam kelompok mengharuskan setiap peserta menceritakan apa itu “rumah” menurut mereka masing-masing.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tak mau kalah dengan peserta, Diakon Rendy dan Suster Florentine bercerita pengalamannya masing-masing tentang “rumah”. Peserta sangat antusias serta menikmati cerita dari Diakon Rendy dan Suster Florentine sehingga banyak pertanyaan yang muncul setelah Diakon Rendy dan Suster Florentine selesai menceritakan pengalamannya. Begitu sesi sharing selesai, Diakon Rendy memberikan peneguhan dan dilanjutkan dengan sesi meeting Jesus melalui doa umat. Pendalaman APP II kali ini ditutup dengan nyanyian penutup dan dilanjutkan dengan santap malam bersama.

bersambung….

Penulis:

Christiana Nia Iskandar.jpg

Christiana Nia Iskandar, Sie Kepemudaan DPP St. Yosep

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.