AKTUALIA

Bersama Mgr Tri Harsono Dalami Kekatolikan

Seminar Katolisitas, tatap muka dan re-katekisasi

Seminar Katolisitas 28 April 2019Minggu, 28 April 2019 menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi umat Paroki Katedral Kristus Raja dan Paroki Santo Yosep Purwokerto untuk bisa bertatap muka secara langsung dengan Bapa Uskup Keuskupan Purwokerto; Mgr. Christophorus Tri Harsono, dan mendengarkan pengajaran beliau seputar ke-katolik-an, khususnya pemahaman iman katolik, dalam acara Seminar Katolisitas.

Kenapa bisa ada acara ini?
Ide awal dari acara ini murni dari Bapa Uskup, beliau mempunyai keinginan untuk membawa umat katolik di Keuskupan Purwokerto, bukan sekedar katolik-katolikan, atau katolik KTP saja, namun yang sungguh-sungguh memahami serta menghayati apa itu Katolik. Jadi melalui seminar ini, di samping menjadi sarana sapaan/bertatap muka Uskup dengan umatnya, juga menjadi sarana Re-Katekisasi umat.

Kepanitiaan pun dibentuk untuk mengakomodir acara seminar ini. Berbagai persiapan dan rapat dilakukan agar segala sesuatunya dapat terlaksana dengan baik.

Paschalis Hall dipilih sebagai tempat acara ini berlangsung dengan pertimbangan dapat menampung cukup banyak umat. Dan untuk memaksimalkan kapasitas, disebarkan sebanyak 700 tiket undangan untuk acara yang rencananya di gelar mulai pukul 09.30-14.00, dengan porsi pembagian 350 tiket untuk umat Paroki Katedral Kristus Raja, 250 tiket untuk umat Paroki Santo Yosep, dan 100 tiket untuk tamu undangan (Romo Kuria, Romo Paroki se-keuskupan Purwokerto dan 2 wakil DPP nya, Suster, Bruder serta beberapa donatur).

Animo dari umat Paroki Katedral Kristus Raja sangat luar biasa. Penyaluran tiket yang di bagikan melalui lingkungan-lingkungan dan stasi mendapat respon yang baik hingga umat yang mendaftar ikut acara seminar sejumlah 405 orang. Sedangkan untuk umat Paroki Santo Yosep terdaftar sejumlah 187 orang, dan kelebihan tiketnya dialokasikan ke umat Katedral. Salah satu alasan tiket seminar tidak habis di Paroki Santo Yosep karena pada hari dan jam yang sama Paroki Santo Yosep sedang mengadakan acara Lomba Jalan Sehat dan banyak lomba yang lain dalam rangka HUT Paroki Santo Yosep yang ke-55. Dan kita patut bersyukur dengan banyaknya acara / kegiatan menandakan gereja kita aktif / hidup.

Seminar Katolisitas

Peserta seminar Ktolisitas disambut oleh panitia di Paschalis Hall Purwokerto (280419)

Jam 09.15 peserta sudah berdatangan. Lebih dari 500 orang hadir di acara seminar ini. Sekitar jam 10.00 Bapa Uskup sudah hadir dengan pakaian uskup jubah hitam dan sabuk ungunya didampingi RD Sulpicius Parjono dan disambut oleh RD Oktavianus Hery Setiawan dan Bpk Alexander Sudijanto dari kepanitiaan Seminar Katolisitas.

Mengenal Katolik secara utuh

Seminar Katolisitas-1

Ki-ka: Bpk Alex Sudijanto, Mgr Christophorus, RD. Parjono dan RD. Hery Setiawan

Tepat jam 10.10 acara di mulai, diawali dengan puji-pujian kemudian sebagai pengantar ditampilkan video pembuka yang menjelaskan tentang kekayaan gereja katolik; sakramen-sakramen, hirarki gereja, dll.,

Setelah pemutaran video, Ketua Panitia memberikan sambutan. Sesaat kemudian seminar dimulai.

Seminar Katolisitas-2

Mgr. Christophorus dan para romo ikut bernyanyi di pembukaan seminar Katolisitas (280419)

Sesi seminar dibagi dalam 2 tahap, sesi 1 sebelum makan siang adalah pengajaran dari Bapa Uskup tentang banyak hal, mulai dari keilahian Kristus (yang diwujudkan dengan Cinta Kasih, Damai, Pengampunan, Keselamatan), ciri khas Gereja Katolik, tentang Allah + Kristus sebagai Nabi dan Ajarannya (Kitab Suci), hingga menjelaskan tentang penyakit-penyakit agama (takhayul, fanatisme, fatalisme, sinkretisme, sekularisme, hedonisme, realisme, dll). Hal yang ditekankan oleh Bapa Uskup dalam pengajarannya ini adalah bahwa kita sebagai umat katolik harus mengenal katolik secara utuh, bukan setengah-setengah. Umat antusias menyimak pengajaran dari Bapa Uskup, hingga saking asyiknya menyampaikan pengajarannya, jam makan pun terlewat.

Seminar Katolisitas-3

Sesi 1 Seminar Katolisitas dengan narasumber Mgr. Christophorus Tri Harsono (280419)

Setelah makan siang, dilanjutkan dengan sesi 2 – tanya jawab. Petugas membagikan kertas untuk menuliskan pertanyaan dan akan dijawab langsung oleh Bapa Uskup. Antusiasme umat yang hadir sangat luar biasa, lebih dari 40 pertanyaan masuk, pertanyaan dipilah-pilah. Sebagian pertanyaan-pertanyaan dengan topik yang sama dikumpulkan dan dibacakan oleh pembawa acara.

Seminar Katolisitas-7

Sesi 2 Tanya Jawab – Seminar Katolisitas bersma Mgr Christophorus di Paschalis Hall (280419)

Banyak pertanyaan dan jawaban yang justru memancing gelak tawa dan tepuk tangan. Acara selesai sekitar pukul 14.30 dengan ditutup doa oleh RD Yusuf Widiarko dan berkat dari Bapa Uskup.

Seminar Katolisitas-4

Peserta antusias bertanya kepada Mgr Christophorus dalam seminar Katolisitas (289419)

Setelah selesai makalah / materi seminar ini dibagikan kepada umat yang hadir untuk bahan referensi mereka.

Banyak umat yang senang dengan acara ini dan berharap suatu saat bisa diadakan kembali dengan topik yang berbeda. Beberapa komentar peserta seminar yang masuk ke panitia :
” Wah luar biasa pak, kepengin ikut lagi lho. Makasih Panitia
” … sungguh semakin mantap mengikuti Yesus “
“Bagus banget pak… semakin mantap… saya kepengen klo bisa diadakan di bumiayu sehingga semua umat bisa mengikuti..
” Semakin dikuatkan akan iman katolikku “
” Ruar biasa! “

Seminar Katolisitas-6

Peserta seminar Katolisitas di Paschalis Hall, Purwokerto (280419)

Terimakasih untuk Bapa Uskup yang sudah berkenan menjadi narasumber. Terima kasih pula kepada lebih dari 500 peserta seminar yang tertib dan setia mengikuti seminar katolisitas hingga akhir. Semoga acara seperti ini dapat diadakan lagi di lain waktu. BERKAH DALEM.

Penulis,

Hence

Dionisius Hence Cahyadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.