AKTUALIA

Novena Nazaret, Tradisi Umat Paroki Santo Yosep Purwokerto Menjelang Natal

12-vert

Novena Nazaret menjadi tradisi liturgis Umat Paroki Santo Yosep untuk menyambut Perayaan Kelahiran Tuhan Yesus (Natal). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2018 ini novena diadakan selama 9 hari berturut-turut, yakni sejak tanggal 15 sampai dengan 23 Desember 2018.

Misa Novena dipersembahkan oleh Romo Agustinus Dwiyantoro Pr dan Romo AM. Kristiadji MSC setiap pukul 05.00 sampai dengan pukul 06.00. Umat yang hadir rata-rata berjumlah 180 orang. Setelah misa, umat dipersilahkan menuju ke teras belakang gereja untuk menikmati sarapan pagi sambil beramah tamah membangun kebersamaan. Sarapan dipersiapkan oleh umat lingkungan secara bergilir sesuai jadwal dari Panitia Natal 2018.

Dengan Novena Nazaret ini umat diajak untuk merenungkan bagaimana Allah mencintai kita umat manusia, dengan mengutus Putera-Nya turun ke dunia dan tinggal di tengah Keluarga Kudus Nazaret, untuk mewartakan Kabar Keselamatan Allah bagi umat yang percaya kepada-Nya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Novena Nazaret ini mengajak seluruh umat untuk mempersembahkan “kain lampin” kepada Yesus yang lahir dan hadir ke dunia. Kain lampin adalah lambang kepedulian dan persembahan kita untuk menciptakan kehangatan dan perdamaian di tengah keluarga, masyarakat dan dunia yang saat ini mengalami krisis kepedulian, kebersamaan dan perdamaian.

Perayaan Natal  menjadi  Puncak dari Rangkaian Kegiatan Natal, karena melalui Novena Nazaret umat bisa benar-benar merenungkan kisah perjalanan sejak masa penantian sampai dengan kedatangan Sang Juruselamat kita yaitu Yesus Kristus yang lahir di Betlehem. Semoga keluarga-keluarga di Paroki St. Yosep semakin meneladan Keluarga Kudus Nazaret. Amin. Berkah Dalem.

Penulis:

10

Indrajati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s