Berjaga-jagalah Senantiasa!

Hari Minggu Adven I (2 Desember 2018)

Yer. 33:14-16; Mzm. 25:4bc-5ab,8-9,10,14; 1Tes. 3:12-4:2; Luk. 21:25-28,34-36.

Diterbitkan oleh Tim Kerja Kitab Suci – DPP. Santo Yoseph Purwokerto

 “Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa,  supaya kamu mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri dihadapan Anak Manusia” (Lukas 21:36).

Bapak/Ibu/Saudara/i yang dikasihi Tuhan,

adven 1Hari ini adalah hari Minggu Adven I. Tahun liturgi yang baru dimulai. Kata Adven sendiri berasal dari bahasa latin, adventus, yang artinya kedatangan. Dan kita, memulai tahun liturgi ini dengan menantikan kedatangan Tuhan. Sebenarnya empat minggu adven memiliki makna yang berbeda. Bacaan Minggu Adven I dan II lebih diarahkan untuk perenungan akan penantian kedatangan Yesus di akhir zaman. Sedang bacaan Minggu Advent III dan IV sudah diarahkan bagi persiapan penantian kedatangan Tuhan Yesus yang pertama, yakni ketika menjelma dan lahir sebagai manusia.

Bapak/Ibu/Saudara/i yang dikasihi Tuhan,

Pada injil Lukas hari ini dikatakan bahwa “orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.”

Seperti halnya jika kita akan kedatangan seorang tamu, umumnya kita akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut tamu kita, merapikan rumah, menyiapkan sedikit hidangan atau minuman untuk suguhan dan persiapan diri kita sendiri supaya layak dan pantas. Persiapan itu juga sebagai bentuk penghormatan kepada tamu yang akan datang nanti. Namun bagaimana halnya apabila tamu yang akan datang adalah seseorang yang terpandang, entah itu seorang pejabat negara atau tokoh masyarakat? Tentunya kita akan berusaha mempersiapkan penyambutannya dengan lebih baik lagi. Itupun dengan catatan kita tahu secara pasti kedatangannya.

Pertanyaannya adalah : “Bagaimana kalau yang akan datang adalah Yesus sendiri, Sang maha Kuasa, yang notabene kita tidak tahu dengan pasti kapan kedatangannya? Bisa hari ini, bisa besok, bisa satu jam lagi, kita tidak tahu. Apa yang akan kita lakukan ?

Kedatangan Yesus yang kedua kalinya menandakan akhir dari kehidupan di dunia ini, dan bila saat itu tiba, kita tidak punya waktu lagi untuk berbenah. Dan di saat penantian ini yang bisa kita lakukan adalah berjaga-jaga dan berdoa, menantikan kedatanganNya untuk yang kedua kalinya.

Berjaga-jaga bisa dimulai saat ini, dengan hidup benar seturut firman Tuhan. Sikap, perilaku dan tutur kata kita juga hendaknya baik dan tidak menyakiti, dan lebih mengasihi orang lain. Dengan hidup benar, maka kita sedang mempersiapkan diri sendiri untuk mempunyai karakter seperti Kristus. Selain secara jasmani (tindakan) baik, secara rohani pun kita harus baik. Mengolah rohani dapat dengan cara terus mengembangkan hidup doa kita. Berdoa bukan pada saat kita sedang butuh pertolongan Tuhan saja, tapi setiap saat kita harus bersyukur dan berterimakasih kepadaNya. Berdoa berarti berelasi dengan Tuhan. Semakin kita bertekun dalam doa, kita akan merasa bahwa hidup rohani kita makin baik, makin kuat, dan kita makin dapat mengendalikan diri kita. Kita makin disadarkan bahwa kita sangat kecil di hadapan Allah.

Mempersiapkan diri secara jasmani dan rohani inilah bentuk berjaga-jaga. Di masa adven ini kita diajak juga mempersiapkan diri kita seutuhnya, berjaga-jaga dan berdoa kepadaNya. Dan hingga saatnya tiba nanti, kita sudah siap manyambut kedatanganNya untuk yang kedua kalinya. Sudah siapkah kita?

Ya Tuhan, sertailah kami dalam menjalani kehidupan ini agar kami dapat hidup benar seturut firmanMu dan peka terhadap sapaan-sapaanMu di saat kami berdoa kepadaMu, sehingga pada akhirnya kami siap menyambut kedatanganMu. Amin.

Berkah Dalem

Dionisius Hence Cahyadi

Lingkungan Andreas

Iklan

Satu respons untuk “Berjaga-jagalah Senantiasa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s