Janji Mgr Tri Harsono dan Pemberkatan Insignia dalam Salve Agung

pengakuan iman dan janji mgr Tri Harsono
Pengakuan Iman dan Janji Mgr Tri dalam Salve Agung di Gereja Katedral Purwokerto (151018/lilykarlina)

Purwokerto, Senin 15 Oktober 2018 di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Mgr Christophorus Tri Harsono, Uskup Terpilih mengucapkan pengakuan iman dan janji untuk senantiasa setia pada Gereja Katolik dan kepada Paus, Wakil Kristus dan Pengganti Rasul Santo Petrus sekaligus kepala kolegium para uskup. Janji itu diucapkan sambil memegang Kitab Suci di hadapan Nuncio Apostolica Mgr. Piero Pioppo dalam Ibadat atau Salve Agung yang dipimpin oleh Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC (Uskup Bandung). Pengakuan iman dan janji itu kemudian ditandangani oleh Mgr Tri dan oleh Mgr Piero Pioppo dan Mgr Anton sebagai saksi.

Salve Agung yang dihadiri oleh Nuncio Mgr. Piero Pioppo, Julius Kardinal Darmaatmadja, puluhan uskup, ratusan imam dan biarawan/wati serta seribuan umat itu berlangsung dengan khidmat, aman dan lancar.

Pada bagian pertama, para Frater novis MSC dan diosesan Purwokerto memimpin pendarasan doa, mazmur dan kidung pujian dengan indah dan agung. Bagian kedua, pengakuan iman dan pengucapan janji Uskup Terpilih. Bagian ketiga dilangsungkan pemberkatan Tahta Uskup (chatedra – Latin) dan Insignia (berupa kelengkapan yang melambangkan kesucian dan kemuliaan Allah yang akan dikenakan seorang uskup, yakni jubah uskup, solideo, mitra, salib pectoral, tongkat uskup dan cincin).

salve agung
Homili Mgr Anton Subiyanto OSC dalam Salve Agung (151018)

Mgr Anton menyampaikan homili yang menarik dan berpesan agar Mgr Tri Harsono rajin blusukan mengunjungi umatnya di wilayah Keuskupan Purwokerto seperti harapan Mgr Narka. Diharapkan Keuskupan Purwokerto menjadi gereja yang  “3G” (Guyub, Gumregah, dan Gemrayah = rukun, bangkit, dan banyak -red). Selain itu Mgr Anton memberi kesaksian, “Ia yang dengan rendah hati merasa tidak punya banyak kelebihan, tetapi karena imannya pada Allah dan komitmennya pada Gereja, Mgr Tri mau menjadi teladan iman yang diyakini sebagai kunci tugas penggembalaannya.” Menurut beliau, “yang menantang adalah bagaimana merendahkan hati di hadapan Allah. Maka dengan penuh iman, Mgr Tri akan menggembalakan umat dan para imamnya terutama bukan dengan kata-kata dan ajaran namun dengan teladan dan perbuatan.”

Menurut data tahun 2015 jumlah umat yang akan digembalakan Mgr Tri sekitar 61.000, tersebar di 25 Paroki yang berada di 14 Kabupaten/Kota. Mgr Tri akan menggembalakan umatnya dengan semangat bunda Maria: “Fiat Mihi Secundum Verbum Tuum” (Terjadilah Padaku Menurut Perkataan-Mu).

Setelah Ibadat Agung, para uskup menuju ke Cor Hotel untuk mengikuti Gala Dinner. Sedangkan para romo mengikuti Gathering Night di hotel Dominic. Syukur kepada Allah, rangkaian acara tahbisan di hari pertama dapat berjalan dengan khidmat, aman dan lancar. Semoga doa-doa dalam Ibadat Agung ini didengarkan Allah dan mendatangkan berkat bagi seluruh umat, khususnya dalam menyongsong tahbisan Mgr Christophorus Tri Harsono yang akan dilaksanakan esok harinya di Grha Widyatama Unsoed Purwokerto. Berkah Dalem. (krist)

Video suasana Salve Agung dapat dilihat di live FB Komsos Keuskupan Manado ini (terima kasih):

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s