RENUNGAN

Rencana Tuhan Pasti Baik Bagi Kita

Hari Minggu Biasa XXIII (8-9 September 2018)

Yes. 35:4-7a; Mzm. 146:7,8-9a,9bc-10; Yak. 2:1-5; Mrk. 7:31-37

Diterbitkan oleh Tim Kerja Kitab Suci – DPP. Santo Yoseph Purwokerto 

“Ia menjadikan segala – galanya baik, yang tuli dijadikan Nya mendengar, yang bisu dijadikan Nya berkata – kata“ (Markus 7:37)

Tuhan Yesus memang baik dan Dia pasti akan memberikan yang terbaik bagi kita. Namun pertanyaannya adalah, apakah kita yakin dan percaya tentang semua itu? Ketika saya membaca bacaan Injil hari ini (Markus 7:31–37) saya mencoba untuk merenungkannya, apakah saya benar-benar yakin dan percaya tentang itu semua selama ini? Setelah saya coba merefleksikannya dalam kehidupan saya selama ini, ternyata saya masih kurang yakin dan percaya bahwa rencana Tuhan itu adalah yang terbaik bagi saya. Itu tergambar dari sikap saya yang selalu kuatir dan takut akan kehidupan saya ke depannya mau bagaimana. Bahkan tak jarang pula saya emosi jika suatu masalah melanda hidup saya dan saya merasa tidak mampu untuk melewatinya. Ternyata sikap saya selama ini salah, karena saya hanya berfokus kepada masalah – masalah yang ada, bukan kepada Yesus yang jelas-jelas sudah pasti memberikan yang terbaik kepada saya.

Bersyukur saat ini setelah saya sering melayani, baik dalam komunitas CFM maupun pelayanan di Paroki, saya semakin yakin dan percaya bahwa rencana Tuhan pasti yang terbaik dalam kehidupan saya. Hal ini telah saya rasakan juga dalam kehidupan saya, di mana ketika saya mengalami berbagai masalah, entah sakit maupun jatuh dalam perekonomian keluarga, saya tidak lagi kuatir dan takut seperti dulu. Saat ini saya menyikapinya dengan berbeda, karena saya yakin dan percaya bahwa Tuhan pasti berikan yang terbaik dari setiap masalah yang datang tersebut. Ketika masalah itu datang, saya bawa dalam doa mohon hikmat Nya, lalu berusaha melakukan apa yang menjadi kehendak Nya dalam kehidupan saya. Puji Tuhan, ketika saya mau datang dan taat kepada setiap kehendak-Nya, maka semua masalah-masalah tersebut dapat terselesaikan satu per satu dengan baik dan lancar, bahkan saya semakin dikuatkan dan dimampukan oleh Nya.

Markus 7 31-37Maka dari itu, apapun masalah-masalah yang menghampiri kehidupan kita, datanglah kepada Tuhan dan percayalah Dia pasti akan memampukan kita semua menghadapi masalah-masalah tersebut. Jika sakit melanda hidup kita, datanglah kepada Tuhan dengan penuh keyakinan maka Dia pasti memberikan kesembuhan, seperti halnya orang tuli dan gagap yang dibawa kepada Yesus dan dia disembuhkan-Nya (Markus 7:32-35).

Dari pengalaman-pengalaman iman yang telah terjadi dalam kehidupan saya, saat ini saya semakin yakin dan percaya bahwa semua rencana Tuhan adalah yang terbaik bagi kehidupan saya. Walaupun di awalnya kelihatan seperti suatu musibah dalam kehidupan saya, percayalah semua akan berakhir dengan kebaikan buat kita. Maka itu saya terus berusaha berfokus kepada Tuhan, sehingga selalu dapat berpikir positif dalam menyikapi berbagai masalah maupun sakit yang datang dalam kehidupan saya. Kini saya bahkan sangat mengimani Firman yang terdapat pada Injil Markus 11:24 (Apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah  bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu). Sungguh ketika kita mengimani setiap Firman-Nya dengan kesungguhan hati, maka semua itu nyata dalam kehidupan kita.

Bapa yang baik, aku mengucap syukur atas semua berkat-Mu yang berlimpah dalam kehidupanku, sehingga aku selalu Engkau berikan yang terbaik dalam kehidupanku. Ampuni aku yang sebelumnya masih kurang yakin dan percaya kepada setiap rencana-Mu dalam kehidupanku. Kini ajari aku untuk selalu yakin dan percaya bahwa rencana Mu adalah yang terbaik dalam kehidupanku. Amin

Berkah Dalem

WILLY KITY 19

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.