YOHANES PEMBAPTIS

Hari Raya Kelahiran Santo Yohanes Pembaptis
23-24 Juni 2018

Yes. 49:1-6; Mzm. 139:1-3,13-14ab,14c-15; Kis. 13:22-26; Luk. 1:57-66,80.

Diterbitkan oleh Tim Kerja Kitab Suci – DPP. Santo Yoseph Purwokerto 

Yohanes PembaptisHari ini, Pekan Biasa XII, Gereja semesta merayakan Hari Raya Kelahiran Santo Yohanes Pembaptis. Nama Yohanes Pembaptis tentu tidak asing bagi kita. Santo Yohanes dilahirkan di sebuah keluarga di Yerusalem. Ayahnya bernama Zakaria, seorang imam di Yerusalem. Ibunya bernama Eliabeth. Zakaria dan Elizabeth sungguh taat dan setia kepada Tuhan. Tetapi, ada yang kurang di dalam keluarga Pasutri ini, di usia senja mereka belum dikaruniai seorang anak, karena Elizabeth mandul. Oleh karena itu, mereka sungguh merindukan seorang anak. Mereka setiap hari tak  jemu-jemu berdoa kepada Tuhan.

Dan Tuhan mendengar doa mereka; pada suatu ketika Zakaria sedang berdoa di Bait Allah, malaekat Gabriel datang berbicara kepadanya:  “Jangan takut, hai  Zakaria, sebab doamu telah dikabulkan dan  Elizabeth,  istrimu,  akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes….(Luk 1:13). Tetapi, sangat disayangkan, kabar gembira ini diragukan oleh Zakaria,  dan ia pun menjadi bisu. Ketika anaknya berusia delapan hari, Zakaria memberi nama Yohanes; pada saat itu pula ia sembuh dari bisu dan dapat berbicara. (Luk 1: 63)

Kelahiran Yohanes telah membebaskan Elizabeth, ibunya,  dari sebutan wanita mandul. Ia memberikan sukacita kepada kedua orang tuanya. Memperkuat iman Zakaria, ayahnya, yang semula ragu dan tidak percaya. Menyembuhkan  kebisuan Zakaria. Kelahiran Yohanes juga membawa kegembiraan bagi para tetangga dan sanak saudaranya.

Tugas-tugas Yohanes adalah menyerukan pertobatan dan membaptis dengan air. Pembatisan yang ia lakukan telah membawa banyak orang menjadi pengikut Tuhan. Ia adalah seorang nabi yang berani berbicara tegas demi mewujudkan kebenaran iman. Dialah yang  diutus Allah untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Al Masih. Yesus sendiri menyebut Yohanes ‘sang nabi’, bahkan lebih besar dari para nabi. (Luk 7:26). Kelahiran Yohanes telah membawa sukacita bagi banyak orang.  Dan berkat karya-karyanya, ia telah memuliakan nama Allah di bumi dan di sorga.

Sahabat Yesus terkasih,

Hari ini kita diingatkan kembali teladan iman Yohanes Pembaptis. Lewat karya-karyanya, ia telah membawa banyak orang datang kepada Tuhan. Banyak orang boleh diselamatkan, karena keberaniannya mewartakan kebenaran. Dalam Kitab Yesaya tercatat,  bahwa kita juga adalah hamba-hamba Tuhan. Tuhan telah memanggil kita sejak dari kandungan, telah menyebut nama kita sejak dari perut ibu kita (Yes 49:1). Artinya, Tuhan telah memanggil kita, menetapkan kita sejak dalam kandungan ibu, untuk menyatakan kebenaran iman di dunia. Kita dipanggil untuk menerangi dunia; menerangi keluarga kita, dan menerangi kehidupan bersama orang lain disekitar kita. (Yes 49:6b).

Semoga cahaya terang kasih Tuhan senantiasa memancar dari hati kita.

Tuhan memberkati.

DY. Chandra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s