REKOLEKSI PETUGAS LITURGI DAN PANITIA PASKAH 2018

Selalu belajar dan berlatih

Rabu, 7 Maret 2018, bertempat di Ruang Yoakim Paroki St. Yoseph Purwokerto berlangsung rekoleksi bagi para petugas liturgi novena St. Yosep, Pekan Suci dan Panitia Paskah 2018.

Pada awalnya kami Tim Kerja Lekmaz hanya ingin menyatukan seluruh petugas Pekan Suci untuk belajar bersama, tetapi Romo Paroki menanggapi hal ini dan mengajak kami untuk mengadakan Rekoleksi. Kami dari Tim Kerja mengumumkan kepada para Lektor dan Pemazmur dan mendapat tanggapan yang beraneka ragam karena kesibukan dan pekerjaan masing-masing. Saya pribadi salut pada adik-adik yang sedang dalam masa Ulangan Tengah Semester (UTS) tidak ada yang menolak acara ini. Mereka menjawab, “Siap”. Saya pun yakin dukungan orang tua juga sangat bagus.

Rekoleksi Petugas Liturgi dan Panitia Paskah.jpeg
Para Petugas Liturgi dan Panitia Paskah 2018 mengikuti rekoleksi yang dibimbing Rm Toro (070318/by titin)

Romo Paroki pun mengajak Panitia Paskah untuk ikut serta dalam rekoleksi kali ini. Maka rekoleksi ini diikuti oleh para petugas liturgi Novena St. Yoseph dan Pekan Suci (Lektor, Pemazmur, Dirigen, Organis, Petugas Pasio), serta Panitia Paskah wilayah I (Lingkungan St. Markus, St. Lukas dan St. Ignatius). Peserta yang hadir berjumlah 75 yang terdiri dari Panitia 24 orang dan para petugas liturgi 51 orang.

Acara diawali dengan kata Pembuka dan doa oleh Bp.Sugiyatno, selaku Ketua Umum Panitia Paskah. Selanjutnya peserta diajak memasuki rekoleksi sesi I oleh Romo Paroki RD. Ag. Dwiyantoro.

Setelah sesi I para peserta rekoleksi istirahat untuk makan malam bersama.

Lalu pada sesi II Romo mengajak para Lekmaz dan pasio untuk memraktekkan apa yang telah diperoleh dalam sesi I sesuai dengan tugas masing-masing. Pesan Romo untuk selalu belajar, belajar dan belajar. Jangan pernah meremehkan atau menggampangkan tugas, dan tanpa persiapan lebih dahulu karena merasa sudah pernah membacanya.

Kesan dari peserta

Ade (Pemazmur, OMK) mengungkapkan kesannya setelah mengikuti rekoleksi, “Luar biasa, aku jadi mendapat pengetahuan pentingnya melayani di Gereja dan semakin dapat merasakan sentuhan-sentuhan Tuhan”.

Sedangkan Bpk Yohanes Suwasno (seorang lektor dari lingkungan St. Paulus) mengungkapkan pengalamannya, “Saya mendapatkan apa yang seharusnya dilakukan sebagai seorang lektor/pemazmur. Bukan hanya bisa membaca atau menyanyi, tetapi tahu apa isi dari bab/ayat terlebih dahulu dan dengan hati menyampaikan isi nya. Ini perlu dilatih, dilatih dan dilatih.” Pak Suwasno juga mengusulkan, “kalau bisa diadakan evaluasi antar para lektor dan pemazmur selesai pelayanan. Di situ para lekmaz bisa menemukan dan memperbaiki apa yang kurang tepat, bukan sekedar memberi sanjungan (karena tidak semua orang mau menerima nya)”.

Menurut Ibu Agata Suwardiyanti (Lektor, St.Lucia), “rekoleksi semacam ini sesekali memang perlu diadakan sebagai penyegaran supaya yang sudah lama terlibat dalam tugas liturgi kembali diingatkan tentang tugasnya. Lektor dan Pemazmur yang baru  juga menjadi tahu tugasnya apa dan sikapnya harus bagaimana. Juga tahu teknik membacanya harus bagaimana dan memang butuh waktu untuk mencoba dan terus belajar.”

Kesan senada juga diungkapkan Ibu Florida (panitia Paskah dari Ling St. Yakobus), “Rekoleksi ini bagus banget. Buat saya pribadi juga sangat bermanfaat karena bukan hanya sebatas tugas, nyanyi, gerak, dll tapi juga memahami arti dan tujuannya. Seperti yang disampaikan Romo Toro misalnya, dirigen bukan fokus pada koor saja tapi buat ajakan ke umat untuk bernyanyi juga. Jadi dalam rekoleksi ini saya banyak belajar. Trims”.

Penulis:

Mbak Sisca Kumala
Sisca Kumala

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s