PAUS FRANSISKUS INGIN UBAH KALIMAT INI DALAM DOA BAPA KAMI

Paus Fransiskus menyatakan miliki keinginan untuk mengubah kalimat dalam Doa Bapa Kami. Hal ini diungkap Paus dalam wawancaranya dengan televisi Italia, seperti dilansir Sky News Jumat (8/12/2017).

Paus merasa tidak nyaman dengan kalimat “dan jangan masukkan kami ke dalam pencobaan”. Menurut Paus, kalimat itu seolah-olah hendak menjelaskan bahwa Tuhan sendiri yang membuat pencobaan kepada manusia. Padahal jelas pencobaan itu datang dari si Jahat (Setan).

Doa Bapa Kami versi Arab.jpgPaus yakin penganut agama Kristen jelas canggung dengan kalimat ini. Sebab, selama ini orang percaya bahwa setanlah yang membuat pencobaan. “Saya sendiri yang terjatuh. Dia (Tuhan) tentu tidak akan dengan sengaja mendorong saya ke dalam pencobaan hanya untuk melihat seberapa jauh saya terjatuh,” beber Fransiskus.

“Gereja Katolik Roma harus menerapkan terjemahan yang tepat dan baik dalam doa tersebut”, ungkap Paus.

Saat ini Gereja Katolik di Perancis telah mencoba untuk mengubah terjemahan “dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan”. Kalimat tersebut diganti sehingga berbunyi “dan jangan biarkan kami terjatuh dalam pencobaan”. Dan bagi Paus Fransiskus, pilihan Gereja Katolik Perancis itu bisa menjadi salah satu alternatif yang lebih baik. Dalam terjemahan Perancis ini tersirat bahwa kesalahan terletak pada manusia.

Peirasmos.jpgDoa Bapa Kami merupakan doa fenomenal yang wajib didoakan sejak kecil oleh penganut Nasrani. Sesuai Injil, doa tersebut diajarkan langsung oleh Tuhan Yesus. Doa versi yang digunakan sekarang merupakan terjemahan dari bahasa Latin Vulgata, yang diterjemahkan dari bahasa Yunani kuno, yang aslinya dari bahasa Aram; bahasa yang digunakan oleh Tuhan Yesus. Bagian dari doa yang paling membingungkan adalah Peirasmos.

Peirasmos, dalam bahasa Yunani bisa berarti pencobaan, atau sebuah ujian. Kata ini memiliki arti yang sangat luas, yang intinya meminta kepada Tuhan agar melindungi kita dari pencobaan yang berat. Dalam menghadapi pencobaan itu Manusia diharapkan berserah total kepada Tuhan.

Doa BAPA KAMI versi Gereja Katolik

doa Bapa Kami.jpg

~o0o~

Keterangan: tulisan dirangkum dari berbagai sumber.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s