MAN FOR OTHERS

Temu Raya PPA Dekanat Tengah (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Sanyos, Katedral) Plus (Tegal dan Pemalang) tahun 2017 ini diadakan di Rumah Retret Hening Griya, Baturaden pada hari Sabtu – Minggu, 25 – 26 Nopember. Dinamika ini dikemas dalam bentuk Pelatihan dan Pemberdayaan PPA. Jumlah yang terlibat berkisar 150 anak dan 30 pendamping. Romo Ary sebagai koordinator kegiatan ini mengambil inisiatip mengundang Pak Agung, Bu Uci dan Pak Yulius untuk mengemban tugas mulia dalam dinamika tersebut.

KOMITMEN

Bu Uci yang kebagian mengawali dinamika pada Sabtu sore mulai memberikan ilmunya yang berupa ‘Komitmen’. Komitmen untuk menerapkan tiga jalan satu keutamaan yaitu

  • Satu orang bicara yang lain memperhatikan
  • Tidak membiarkan ketidakberesan terjadi
  • Kejujuran dan keterbukaan diutamakan

Pada awalnya para peserta (anak-anak PPA) terlihat cukup kaget dengan sikap para motivator yang terlihat tegas dan disiplin, namun setelah beberapa waktu kemudian suasana menjadi semakin ‘cair’. Secara perlahan namun pasti, ketiga pelatih mulai mengajarkan kepada para peserta (dan para pendamping) untuk memahami kalimat  yang berbunyi :

Seberapa besar cintamu kepada Tuhan sebesar itulah Komitmenmu

Seberapa besar Komitmenmu, sebesar itulah harga yang harus dibayar

 

PEMBERDAYAAN

Misa diadakan pada Minggu pagi di Kapel, dipimpin oleh Romo Ary. Setelah makan pagi pelatihan dimulai kembali dengan penuh semangat. Sejumlah games mulai dimainkan, terlihat sinar keceriaan diwajah peserta. Semua games mempunyai arti dan tujuan yang dijelaskan oleh para pelatih diakhir sesi permainan.

 

P7

Pada sesi penutupan ditayangkan beberapa kalimat yang bisa dan akan menjadi motivasi serta pegangan bagi anak-anak PPA dalam melayani Tuhan :

  • Jadilah contoh yang baik dalam pelayanan karena dalam pelayanan kita akan menjadi panutan orang lain
  • Jika dunia membuatmu menangis, ingatlah masih banyak kenangan indah yang membuatmu bahagia.
  • Sukacita terbesarku adalah pelayanan dan penyerahan diri kepada Tuhan. Tuhanlah sumber sukacitaku. Bersama Tuhan hidupku selalu penuh dengan sukacita.
  • Suatu kebanggaan adalah menjadi PPA yang selalu menjadi panutan, berani, PD, rendah hati, sopan dan menghargai orang lain terutama kepada Tuhan.
  • Pelayanan PPA akan menghasilkan butiran kecintaan terhadap Tuhan dan sesama.
  • Belajar rendah hati dan bertanggung jawab dalam segala hal.
  • Kebahagiaan itu diciptakan bukan dicari.
  • Be respect to other.
  • Tetap tersenyum dalam suka maupun duka dan jangan gampang putus asa atau menyerah dalam menjalankan tugas sesulit apapun
  • Hidup itu harus bahagia tapi janganlah bahagia di atas penderitaan orang lain.
  • Semua berawal saat saya melayani Tuhan dalam Misdinar aku ingin selamanya melayani dan tanpa paksaan orang lain dan ingin bersukacita.
  • Jangan memikirkan hasil tapi jalani saja dan lakukan yang terbaik.
  • Meskipun jatuh tetap menebar sukacita dan semangat. Jangan langsung menyerah, tidak malu dengan keadaan, percaya kepada Tuhan.

Pak Yulius dengan suara lirih mengawali menyanyikan lagu KU MAU CINTA YESUS yang secara serentak langsung diikuti semua peserta dan pendamping yang hadir diruangan (aula).  Sungguh….  suasana siang itu begitu indah …. penjiwaan lagu benar-benar menggetarkan hati.

 

Kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan PPA berakhir sekitar jam 1 siang. Sesi foto-foto per- Paroki dilakukan di Aula dengan latar belakang banner Man for Others. Anak-anak PPA, Pendamping, Panitia, masing-masing pulang memanggul salib dengan membawa misi untuk LEBIH SETIA LAGI MELAYANI.

 

Temu Raya PPA yang telah dilakukan kemarin bisa dibilang sukses. Sebelum kegiatan Temu Raya ini para pendamping juga telah mengadakan pelatihan untuk para Pendamping PPA Dekanat Tengah sendiri, sehingga mereka mempunyai satu sinergi dalam semangat pelayanan (Man for Others).  Kegiatan ini terlaksana dengan sukses, tentunya juga berkat kerja keras dari seluruh Panitia, dukungan umat-Romo Paroki serta kerelaan para pendamping untuk setia dalam mendampingi anak didiknya.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

AQ (Adversity Quotient) untuk PPA Sanyos

Membaca tulisan MEMBANGUN AQ di PPA SANYOS beberapa waktu lalu, dapat dikatakan kegiatan Temu Raya PPA Dekanat Tengah Plus yang dikemas dalam bentuk Pelatihan dan Pemberdayaan PPA yang telah dilaksanakan, benar-benar sangat mendukung untuk terbentuknya kecerdasan seperti yang diinginkan (AQ). Segala hal yang dialami oleh peserta dari PPA Sanyos pada Temu Raya kemarin bisa dijadikan sebagai latihan sekaligus ujian. Peran para pendamping (dan orang tua) tentunya sekali lagi tetap diperlukan untuk terus mengingatkan, mengajarkan, mendukung dan mendampingi anak didiknya agar semua bisa lebih setia melayani Tuhan, baik di gereja, di rumah maupun di lingkungan sekitar.

Silahkan baca juga: MEMBANGUN AQ DI PPA SANYOS

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber dan Foto oleh Panitia – Grup WA

Penulis Candra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s