PERJUANGAN SEORANG KETUA LINGKUNGAN URUS SURAT BAPTIS WARGANYA-JILID II

Dalam rangka menyukseskan program Paroki Santo Yosep : Pelayanan Pastoral Berbasis Data, Ketua lingkungan Santo Petrus kembali membantu warga lingkungannya dalam mencari data baptis warganya.

Data yang telah terkumpul adalah 53 KK, dengan laki-laki 68 orang (lansia 13 orang) dan perempuan 77 orang (lansia 17 orang), total 145 orang. Namun belum semuanya mengumpulkan data secara lengkap. Bpk Pesar selaku ketua lingkungan Santo Petrus mentargetkan data sensus harus lengkap.

Yang dilakukan oleh Bpk Pesar (Petrus Sariyo) kali ini, mendatangi keluarga Dr.Daniel Joko Wahyono (Dosen Unsoed Fak Biologi Purwokerto dan anggota pengurus Yayasan Karya Perutusan yang membawahi STIKOM Purwokerto). Bpk Pesar menanyakan surat baptis dari Ibu Maria Tjahja Lily Krisnamurty ( mertua Bpk Daniel ) yang telah beberapa kali dikunjungi namun belum menemukan surat baptisnya. Kali ini kedatangan Bpk Pesar berhasil mendapatkan petunjuk yang sangat berharga, surat kawin Ibu Maria, yang dilangsungkan pada tahun 1968 di Gereja Hati Kudus Cilacap.

Pencarian surat baptis berlanjut dengan menanyakan pada Keuskupan Purwokerto mengenai letak Gereja Hati Kudus Cilacap. Ternyata Gereja tersebut yang sekarang berganti nama menjadi Gereja Santo Stefanus Cilacap. Petunjuk ini membuat Bpk Pesar semakin bersemangat dengan mendatangi sahabatnya seorang pedagang kripik tempe yang sering mengirimkan dagangannya ke Cilacap, Bpk Ign. Sugiharto. Akhirnya pada tanggal 6 Agustus 2017 pagi, Bpk Pesar dan keluarga Bpk Ign. Sugiharto berangkat ke Cilacap. Setiba di Cilacap, Bpk Pesar menuju kediaman keluarga Agustinus Triyanto (orang tua Bpk Ign.Sugiharto) untuk merayakan ultah Bpk Agustinus Triyanto yang ke-84 dan peringatan 1 tahun arwah Ibu Veronika Eti Sukeshi. Dengan ditemani Bpk Ign.Sugiharto, Bpk Pesar menuju ke Paroki Santo Stefanus Cilacap untuk menyerahkan foto copy surat perkawinan Ibu Maria ke sekretaris paroki setempat, Bpk Kabul Prasongko. Bpk Kabul menjanjikan akan mencarikan surat baptis berdasarkan surat perkawinan Ibu Maria.

Pada tanggal 15 Agustus 2017, Bpk Pesar mendapatkan surat dari Paroki Santo Stefanus Cilacap yang berisi surat baptis Ibu Maria lengkap dengan data Sakramen Penguatan serta Sakramen Perkawinannya.

Puji Tuhan dengan ketekunan, kerelaan hati dalam melayani, Bpk Pesar kembali berhasil membantu warganya untuk menemukan surat baptis secara lengkap. Harapan Bpk Pesar, semoga para ketua lingkungan dengan rela hati dan semangat untuk selalu membantu warganya yang mengalami kesulitan dalam mencari surat baptis. Dengan data yang lengkap, akan sangat membantu Paroki Santo Yosep Purwokerto dalam menentukan pelayanan umat ke depannya dengan berbasis data.

Dengan menyukseskan pelayanan berbasis data, kita juga ikut serta dalam mewujudkan rencana kasih Allah. Semoga kita selalu menjadi sarana Allah untuk menjadi berkat damai sukacita bagi sesama. Berkah Dalem

Penulis:

Pak Sariyo
Petrus Sariyo,  Ketua Lingkungan St. Petrus

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s