PERESMIAN PWK. SANTA MONIKA DAN PELANTIKAN PENGURUS CABANG

PWK Santa Monika-4.jpg
Ibu-ibu anggota PWK Santa Monika Cabang Purwokerto Timur bersama Rm Toro dan Pengurus PWK Korcab Keuskupan Purwokerto selepas misa (13/08/2017)

PWK Santa Monika Cabang Purwokerto Timur diresmikan dan Pengurus dilantik

Dalam Misa Minggu pagi 13 Agustus 2017, pkl. 07.00 WIB diadakan peresmian Perhimpunan Warakawuri Katolik (PWK) Santa Monika dan pelantikan Pengurus Cabang Purwokerto Timur. Misa dipimpin oleh Romo Ag. Dwiyantoro Pr dan dihadiri Ibu Elisabeth Rosari selaku Ketua Korcab Keuskupan Purwokerto dan Ibu-ibu dari PWK Santa Monika Cabang Purwokerto Barat serta umat paroki Sanyos.

Selepas homili, peresmian dan pelantikan pengurus PWK Cabang Purwokerto Timur dilakukan oleh ibu Elisabeth Rosari dengan diawali pembacaan Surat Keputusan dari Pengurus Koordinasi Cabang Keuskupan Purwokerto. Selanjutnya para pengurus cabang Purwokerto Timur mengucapkan janji di depan altar Tuhan dan disaksikan oleh seluruh umat yang hadir.

 

 

Setelah mengucap janji, para pengurus menerima berkat dari Romo Toro. Kemudian seluruh Ibu Warakawuri menyanyikan Mars PWK Santa Monika yang dipimpin oleh Ibu Ani Yohanes.

Ramah tamah dan berbagi kisah

 

 

Setelah misa, acara dilanjutkan dengan syukuran dan ramah tamah di ruang St. Anna. Pada kesempatan itu, Ibu-ibu Warakawuri juga merayakan syukur atas HUT Imamat Romo Dwiyantoro yang ke 17 yang tepatnya jatuh pada tanggal 9 Agustus 2017. Rm Toro berkenan memotong kue dan tumpeng lalu membagikannya kepada Ibu-ibu yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan doa syukur dan mohon berkat atas rejeki yang telah dihidangkan oleh Ibu-ibu Warakawuri secara sukarela.

PWK Santa Monika
Para Pengurus PWK Santa Monika Cabang Purwokerto Timur

Acara berlangsung dengan penuh syukur, kegembiraan dan kehangatan dalam persaudaraan. Makanan yang tersedia pun dinikmati sambil berbagi cerita. Sesekali diselingi penyampaian oleh ibu Stefani selaku Ketua Pengurus Cabang. Setelah makan, romo Kristiadji yang bergabung kemudian, sempat memberikan ucapan selamat dan menyampaikan beberapa peneguhan bagi para pengurus dan seluruh anggota PWK. Diingatkan bahwa para pengurus adalah pelayan bagi semua anggota, karena yang tertinggi dalam organisasi ini adalah para anggota. Oleh karena itu beberapa saat mendatang mesti segera dipersiapkan Rapat Anggota untuk menyepakati program kerja bersama sampai akhir tahun 2017. Ini tugas bersama yang perlu dipersiapkan oleh para pengurus. Selain itu, tentu pertemuan-pertemuan rutin bulanan tetap diadakan agar kebersamaan dan semangat pelayanan Ibu-ibu Warakawuri terus terjaga dalam kiprahnya di tengah gereja dan masyarakat.

Ibu Florentina Harno mengajukan suatu pertanyaan, “mengapa Warakawuri mengambil Santa Monika sebagai pelindung?” Pertanyaan itu dijawab oleh Ibu Stefani, “St Monika dipilih karena keutamaan dan teladan hidupnya yang ingin dihayati oleh ibu-ibu warakawuri. Santa Monika mempunyai suami bernama Patrisius yang awalnya adalah seorang kafir (tidak mengenal Tuhan) dan jalan hidupnya “tidak lurus” karena sangat pemarah, suka menghujat. Tetapi St. Monika terus berdoa dengan tekun untuk pertobatan suaminya itu. Akhirnya doa Santa Monika didengar Tuhan dan suaminya bertobat serta mau dibaptis. Kemudian suaminya itu meninggal dunia dan Ibu Monika menjadi seorang janda dengan anak semata wayang bernama Agustinus. Saat itu Agustinus membuat Ibunya sedih karena kenakalannya dengan menganut aliran sesat. Namun berkat ketekunan dalam doa, kesabaran dan kesalehan St. Monika selama bertahun-tahun, akhirnya anaknya bertobat, bahkan di kemudian hari menjadi seorang Uskup. Karena kesaksian hidupnya yang suci dan karya pelayanannya, Agustinus kemudian menjadi seorang Santo.”

PWK Santa Monika-2
Ibu-ibu Warakawuri menyanyikan Hymne PWK Santa Monika (13/08/2017)

Semangat dan teladan hidup St Monika itu dituangkan juga dalam syair hymne Santa Monika yang sempat dinyanyikan Ibu-ibu warakawuri dalam acara ramah tamah ini. Bu Suraji memimpin hymne dan semua Ibu yang hadir menyanyikannya dengan penuh penghayatan.

  1. Kasihilah Allah Bapa dengan segenap hatimu. Kasihilah sesamamu dengan amal dan baktimu
  2. Ikutilah printah Yesus dengan penuh keyakinan. Bebanmu menjadi ringan, hidupmu menjadi tenang.
  3. Jadilah garam dunia, untuk mengabdi sesama. Membagi kasih dan cinta. Jadilah pelita terang
  4. Berdasarkan kasih murni marilah kita berjuang. Menuju satu tujuan, biarpun penuh rintangan

Reff: Ini pedoman Monika kita. Tuhan menyertai dan memberkati kita

Berciri “7B”

Setelah itu Ibu Suraji yang pernah menjabat sebagai Ketua PWK Korcab Keuskupan Purwokerto membagikan pengalamannya hadir dalam Rakernas PWK di Malang pada bulan Juni 2017. Ibu Desy, pengurus cabang Purwokerto Barat yang juga hadir dalam Rakernas itu turut berbagi oleh-oleh berupa pesan dari Romo Susilo, “Ibu-ibu Warakawuri itu mempunyai ciri “5B”, yakni “berkumpul, bergembira, bersantap, berziarah dan berdoa”. Romo Kristiadji menambahkan 2B lagi untuk Ibu-ibu Warakawuri Purwokerto Timur, yakni Berkunjung dan Beramal.

 

 

Bu Elisabeth Rosari menyampaikan pesan agar ibu-ibu warakawuri mengutamakan kebersamaan dan selalu bergembira dan saling melayani. Bila ada masalah, dihadapi bersama dengan bijak dan jangan sampai menjadi kendala bagi gerak bersama dalam pelayanan.

Di penghujung acara ramah tamah itu, Ibu-ibu Warakawuri bernyanyi dan berjoged bersama. Semua antusias menyanyikan lagu “Dalam Yesus Kita Bersaudara”. Beberapa Ibu sempat saling berpelukan dan ada yang saling bergandengan tangan saat tiba pada lirik “….ada cinta kasih”. Proficiat dan jangan lupa “7B”.

Penulis:

Ibu Yetty
Agnes Yetty
Iklan

One thought on “PERESMIAN PWK. SANTA MONIKA DAN PELANTIKAN PENGURUS CABANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s