PAROKI SANYOS GIATKAN GO GREEN DALAM KEBERSAMAAN

Kebersamaan dan keceriaan dalam tugas pelayanan bidang liturgi

Suasana kebersamaan dan keceriaan yang selalu menghiasi perjumpaan, rapat-rapat dan tugas pelayanan para anggota tim kerja di bawah koordinasi Bidang Liturgi Dewan Pastoral Paroki St. Yoseph menjadi suatu anugerah yang patut disyukuri. Tak terkecuali dalam rapat koordinasi pada hari Jumat, 7 Juli 2017 di ruang Padmowidjojo, setelah misa Jumat Pertama.

rapat bidang liturgi.jpg
Suasana kebersamaan dan keceriaan dalam rapat bidang liturgi DPP St. Yoseph Purwokerto (07/07/2017)

Sudah menjadi kebiasaan para anggota untuk membawa makanan masing-masing dan dihidangkan untuk dinikmati bersama. Tentu sudah dilakukan komunikasi sebelumnya agar tidak ada yang merasa terbebani dan makanan yang dibawa pun beragam, saling melengkapi dan tentu saja menjadi nikmat. Semua riang, perut kenyang, hati senang dan pikiran cemerlang. Rapat pun berjalan lancar dan tugas-tugas terlaksana dengan optimal. Itulah harapan kami

Rangkaian Kegiatan GoGreen SanyosRapat diawali dengan pemaparan dan pembahasan singkat program masing-masing tim kerja. Selanjutnya rapat difokuskan pada persiapan program Penghijauan Lingkungan Gereja yang akan dilaksanakan Minggu, 9 Juli 2017 pukul 08.30. Program ini menjadi bagian dari rangkaian “Program Go Green Tahun 2017″ yang digagas oleh tim kerja Hias Altar. Paket program Go Green itu adalah 1) Pembuatan Pupuk Kompos dari sisa tanaman hias altar dan feses (Mei); 2) Penghijauan Lingkungan Gereja (Juli) ; 3) Pembuatan dan penjualan tas ramah lingkungan (Agustus). Gerakan Go Green lainnya yang sudah berjalan antara lain stop konsumsi air mineral kemasan gelas dan pengurangan penggunaan styrofoam dalam acara-acara paroki, penanaman pohon palem di pot oleh setiap lingkungan dan promosi gerakan go green lewat brosur, banner, dsb.

Gerakan bersama dalam menghijaukan lingkungan gereja paroki

Dalam mempersiapkan program Penghijauan Lingkungan Gereja, timker Hias Altar mendapat dukungan yang luar biasa dari umat atau donatur dengan meyumbangkan dana lewat pilihan paket-paket yang ditawarkan. Kami berencana mengganti pot tanaman palem yang ada dengan pot yang lebih besar. Juga akan diadakan “tambulampot” (tanaman buah dalam pot) dan tanaman lainnya di lingkungan gereja. Dukungan dan partisipasi dalam program penghijauan lingkungan gereja juga diharapkan dari seluruh umat lingkungan dengan mengirimkan utusan masing-masing minimal 2 orang. Diharapkan program ini dapat menjadi gerakan bersama seluruh umat paroki Sanyos untuk semakin mencintai bumi dan menjaga kelestariannya,

rapat bidang liturgi-2.jpg
Pembagian doorprize oleh ketua timker hias altar di awal rapat (07/07/2017)

Oya, ada yang hampir terlupa. Sebelum mulai rapat ini, ada kejutan dari Mba Asih, Ketua Panita Pelaksana Program Go Green yang mengadakan pembagian doorprize. Disediakan 3 buah tas dari bahan ramah lingkungan (eco friendly) buatan para perajin lokal.  Tas model ini yang rencanaya akan dijadikan salah satu model dalam program Pembuatan Tas Ramah Lingkungan di bulan mendatang. Programnya sederhana,, kita membuat membuat desain tas dengan bahan ramah lingkungan, kemudian kita pesan ke pembuat tas lokal tersebut lalu kita pasarkan ke umat paroki. Masih terbuka kemungkinan kerjasama dengan berbagai pihak untuk merancang tas atau dompet model lain dari plastik bekas pembungkus deterjen, minuman sachet dan lain-lain. Tujuannya umat Paroki semakin peduli pada lingkungan hidup dengan membawa tas belanja sehingga dapat mengurangi penggunaan tas plastik atau kresek.

Itulah beberapa informasi terkait kegiatan bidang Liturgi, khususnya tim kerja Hias Altar dengan paket program Go Green nya untuk tahun 2017 ini. Masih banyak program dan kegiatan lain terkait kepedulian lingkungan yang dapat dilakukan oleh tim kerja di tahun mendatang, maupun oleh umat di lingkungan masing-masing. Kerjasama dan keterlibatan dari umat dan berbagai pihak yang peduli lingkungan tentu tetap kami harapkan. Mari mencintai dan merawat bumi kita, sebagai tanda syukur dan tanggungjawab kita kepada Sang Pencipta dan generasi yang akan datang. Kalau tidak mulai sekarang, kapan lagi? Kalau tidak mulai dari diri kita, siapa lagi? Tuhan memberkati.

Penulis:

Sisca Kumala dan Asih.jpg
Asih Prabayanti & Sisca Kumala

*foto oleh Lily K. & Asih P.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s