PEMBERIAN DIRI UMAT LINGKUNGAN PETRUS DALAM MISA HR. TUBUH DAN DARAH KRISTUS

Kekompakan sebagai hasil ketekunan berlatih

Umat lingkungan Santo Petrus, Paroki Santo Yoseph Purwokerto mendapatkan tugas koor pada Misa Minggu, 18 Juni 2017 pukul 07.00 di Gereja Paroki. Ini adalah misa Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus yang secara khusus menjadi kesempatan bagi 29 putra-putri paroki Sanyos untuk menerima Komuni Pertama.

Anggota koor yang berjumlah 20 orang serius mempersiapkan diri dengan berlatih sebanyak 4 kali. Hasilnya, koor menjadi lebih kompak dan suara lebih bulat serta indah. Kekompakan juga diwujudkan dengan mengenakan seragam baru bermotif batik dan berwarna dominan merah.

Kehadiran Yesus yang menyucikan hati

Diawali dengan lagu “Datanglah Ya Tuhan” (PS 335), koor mengajak seluruh umat bernyanyi dan menghayatinya sebagai bentuk pengharapan akan kehadiran Tuhan di tengah umat. Lagu tersebut mengiringi perarakan misdinar, para petugas liturgi, prodiakon, Romo Paroki dan para calon penerima komuni pertama yang didampingi orang tua masing-masing.

Selain menyanyikan lagu-lagu ordinarium, koor lingkungan St. Petrus  juga mengiringi penerimaan Komuni pertama dengan lagu “Kau Menyentuh Hatiku”. Dipilih lagu tersebut untuk mengajak para calon penerima komuni pertama dan seluruh umat menghayati hosti sebagai Tubuh Kristus yang mau hadir dan tinggal di hati. Selain itu, kehadiran Kristus juga mampu memperbarui hidup, menjauhkan dari dosa, menyembuhkan segala luka dan menyucikan hati.

Gembira menghayati pengorbanan dan pemberian diri

Koor yang terdiri dari 13 perempuan dan 7 laki-laki ini. mengakhiri tugas mereka dengan menyanyikan lagu “Hatiku Gembira, Tuhan” (PS 435). Semua umat diajak bergembira hati karena Yesus telah bersedia hadir dalam rupa Tubuh dan DarahNya. Buah-buah Ekaristi sungguh-sungguh dialami dalam kegembiraan dan semangat baru untuk meneladan pengorbanan dan pemberian diri Yesus yang membawa kehidupan.

Tugas koor di Gereja menjadi salah satu penghayatan nyata dari pengorbanan dan pemberian diri umat lingkungan St. Petrus bagi seluruh umat dalam perayaan Ekaristi. Semoga semangat pengorbanan dan pemberian diri ini juga diwujudkan dalam berbagai tugas pelayanan lain di tengah keluarga, gereja dan masyarakat. Berkah Dalem.

Penulis:

Pak Sariyo.jpg
Petrus Sariyo
Ketua Lingkungan St. Petrus

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s