KOMSOS PAROKI SANYOS SIAP BANGKIT

Setelah sempat “pingsan” untuk beberapa waktu, Tim Kerja Komsos Paroki St. Yoseph siap menggeliat dan bangkit. Komitmen ini terasa dalam pertemuan Tim Kerja Komsos bersama beberapa pemerhati perkomsosan, Minggu 11 Juni 2017 di ruang Padmowidjojo. Dalam pertemuan ini sempat hadir 9 orang anggota tim.

Budaya berbagi pengalaman iman lewat medsos

Pak Upik, panggilan akrab untuk Bp. Yulius Supriyana, selaku Koordinator Bidang Kerygma, mengungkapkan maksud dan tujuan diadakannya pertemuan malam itu. Dilatarbelakangi oleh kebutuhan umat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi melalui media sosial dan online yang semakin tumbuh akhir-akhir ini, maka sudah saatnya tim kerja Komsos menangani secara serius media komunikasi dan informasi yang sudah dibuat beberapa bulan terakhir ini. Para pemerhati dilibatkan untuk membantu mengelola media sosial dan online (akun dan fanpage FB, twitter, instagram, google plus, blog wordpress, youtube dan website paroki Sanyos). Selain itu, bersama tim kerja Komsos para pemerhati diharapkan turut menggeliatkan “budaya berbagi sukacita iman lewat medsos” di kalangan umat paroki agar dinamika menggereja semakin hidup dan berkembang.

Hal senada diungkapkan oleh Rm Kristiadji yang mendorong trend bermedia sosial yang sudah tumbuh di tengah umat dapat “dimanfaatkan” untuk menghidupkan semangat berbagi pengalaman iman umat dengan sukacita. Banyak umat yang suka berbagi foto selfie maupun bersama terkait peristiwa yang dialami di paroki. Beberapa umat juga memiliki kemampuan untuk menulis lewat media sosial tersebut. Semua itu dapat menjadi suatu potensi besar untuk diberdayakan dalam menghidupkan media komunikasi dan informasi paroki. Selain itu, pemanfaatan media sosial dan online juga dapat menunjang fokus pastoral berbasis data yang menjadi pilihan sadar Dewan Paroki di tahun 2017. Lewat media sosial dan online ini, dinamika iman umat paroki dapat “diawetkan” sebagai suatu data berupa tulisan, foto dan komentar yang muncul di media sosial-online. Data tersebut dapat melengkapi hasil sensus umat, notulensi rapat-rapat, program kerja dan berbagai kegiatan yang sangat penting diolah untuk menentukan kebijakan pastoral di paroki Sanyos.

Pelatihan menulis dan jurnalistik agar media paroki menjadi milik bersama

Mas Sutriyono, seorang penggiat menulis dan anggota tim kerja Komsos Paroki, mengungkapkan bahwa media sosial dan online dapat menjadi ruang bagi umat untuk berbagi sukacita lewat foto, video, tulisan dan komentar terkait pengalaman iman dan hidup menggereja. Mas Sutri yang terlibat aktif di Komsos Keuskupan Purwokerto juga memaparkan realitas dan pergumulan yang dihadapi dalam menangani komsos, terutama tantangan untuk menulis dari para kontributor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Mas Sutri juga siap membantu tips menulis dan jurnalistik bagi umat paroki Sanyos. Harapannya, banyak umat yang merasakan asyiknya berbagi tulisan dan media yang ada di paroki terus bertahan karena menjadi “milik bersama”.

Sebagai tindak lanjut, tim kerja komsos bersama pemerhati akan mengisi pertemuan rutin Stalingkat (stasi, lingkungan dan kategorial) pada hari Jumat 16 Juni 2017. Agenda utamanya adalah “menggiatkan komunikasi antar umat lewat media sosial dan online”. Pertemuan kali ini diharapkan akan menjadi menarik dan dinamis karena para pengurus stalingkat akan mengajak para relawan komsos dari warganya. Bukan hanya itu, tim komsos juga akan mengemas acara sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat secara praktis bagi tumbuhnya budaya bermedia sosial-online.

Tim Kerja Komsos mengharapkan kehadiran dan partisipasi dari pengurus stalingkat dan para relawan komsos dalam pertemuan yang sedianya akan dilaksanakan setelah Misa Penutupan Novena Hati Kudus Yesus (Jumat, 16 Juni 2017, pkl. 19.30). Pertemuan itu akan didahului dengan makan bersama seluruh umat yang ikut misa novena. Diingatkan pula agar pertemuan dapat berlangsung dengan efektif, para peserta pertemuan diharapkan membawa buku dan alat tulis. Mari hidupkan budaya berbagi pengalaman lewat media sosial-online untuk memperdalam iman dan kecintaan umat pada Gereja Nya, khususnya Paroki St. Yoseph Purwokerto. Salam komsos!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s