BERBAGI SUKACITA PASKAH DI PANTI SAHABAT KITA PURWOREJO

Minggu, 7 Mei 2017 rombongan Panitia Paskah Paroki St. Yoseph beriringan dengan 3 mobil menuju Purworejo. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam, akhirnya mereka sampai di tempat yang dituju, persisnya di depan Gereja Paroki St. Perawan Maria Purworejo. Tempat itu adalah Panti Sahabat Kita yang merupakan karya pelayanan para Bruder Karitas untuk memberi perhatian dan pembinaan bagi saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan.

Kedatangan Panitia Paskah yang mewakili umat Paroki ini disambut dengan hangat oleh Bruder Bartolomeus FC, staf dan para pasien yang dirawat di Panti Sahabat kita. Meskipun awalnya agak sedikit canggung dan ada kekawatiran karena akan bertemu dengan orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan, namun akhirnya suasana menjadi lebih cair bahkan hangat setelah mendengarkan sharing dari Br Bartolomeus dan perwakilan pasien. Dapat dimaklumi karena ini adalah kunjungan perdana bagi anggota Panitia yang hadir sehingga belum memiliki gambaran yang jelas tentang keadaan Panti Sahabat Kita.

Dari hasil sharing dengan Br Barto, Panitia mendapatkan informasi tentang sejarah berdirinya Panti Sahabat Kita dan beberapa butir pencerahan. Pertama, sakit kejiwaan bukan berarti gila, karena ada pandangan di masyarakat bahwa setelah perawatan di PSK, orang yang sakit gila akan mudah kambuh lagi. Pandangan ini membuat masyarakat takut dan kurang bisa menerima mereka. Padahal pandangan ini tidak sepenuhnya benar dan justru merugikan saudara-saudara kita yang sudah sembuh dan ingin diterima kembali di tengah keluarga dan masyarakat. Kedua, syarat untuk di rawat di Panti Sahabat Kita adalah pasien mau menerima keadaan dirinya yang sedang mengalami gangguan jiwa, dan keluarganya juga mau menerima kembali mereka setelah selesai dirawat di Panti, tidak malah membuang anggota keluarga yang pernah mengalami gangguan kejiwaan dan sudah dinyatakan sembuh.

Kunjungan ke PSK-1a

Setelah sharing, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dan sejumlah uang sebagai tanda kasih dari umat Paroki St Yoseph. Kemudian, diadakan pemeriksaan kesehatan bagi para pasien yang berjumlah 30 orang. Pelayanan diberikan oleh dr. Ardi dan dr. Rere serta bu Leony (apoteker) yang terlibat dalam kepanitiaan Paskah. Setelah semua pasien dilayani, kegiatan diakhiri dengan makan bersama seluruh staf, pasien Panti dan Panitia Paskah.

Kunjungan sosial ke Panti Sahabat Kita meninggalkan kesan yang mendalam bagi anggota Panitia Paskah yang hadir. Panitia dapat mengenal lebih dekat saudara-saudara kita yang dirawat di sana dan keadaan Panti Sahabat Kita. Panitia juga merasa bersyukur atas segala anugerah yang telah diberikan Tuhan. Selain itu tumbuh kesadaran bahwa dalam kehidupan ini dibutuhkan keteguhan iman di saat mengalami kegagalan. Kenyataan pahit itu harus dihadapi dengan iman. Akhirnya Panitia merasa gembira dapat menjadi penyalur berkat Tuhan bagi orang yang membutuhkan.

Beberapa Panitia juga mengungkapkan bahwa kunjungan ke Panti Sahabat Kita bisa direkomendasikan untuk dilakukan lagi pada kesempatan mendatang. Seorang anggota Panitia juga menyampaikan adanya ketergerakan hati dari umat yang akan menjadi donatur bagi Panti Sahabat Kita. Adapun alamat Panti Sahabat Kita berada di Jl. KH. Wahid Hasyim no 2 Purworejo-Kedu, Jawa Tengah. Telp 0275 321637.

Kunjungan Ke PSK PwrejoKunjungan ini mengakhiri rangkaian kegiatan sosial Panitia Paskah Paroki St. Yoseph tahun 2017. Semua kegiatan sosial yang direncakan telah terlaksana dengan baik, yakni: kunjungn ke Panti Asuhan Darmo Yuwono Purwokerto Wetan, kunjungan ke Panti  Asuhan Harapan Mulia kelurahan Mersi Purwokerto, pengobatan gratis untuk para napi di LP Purwokerto, dan kunjungan umat yang sakit atau lanjut usia di wilayah Paroki St. Yoseph. Di setiap kunjungan tersebut dilakukan sharing, doa, pemeriksaan kesehatan, dan penyerahan tanda kasih (sembako dan uang).

Panitia menghaturkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Romo Paroki, Dewan Pastoral Paroki, Ketua-ketua Lingkungan dan Kelompok Kategorial, seluruh umat Paroki dan semua pihak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan sosial Paskah 2017. Semoga keterlibatan dalam pelayanan ini menjadi persembahan yang berkenan pada Tuhan dan mendatangkan sukacita iman bagi seluruh umat Paroki St. Yoseph. Selamat Paskah. Tuhan memberkati kita semua.

 

SBY
Penulis:
Andreas Sri Budiyanto,
Ketua Panita Paskah Paroki St. Yoseph 2017

 

Iklan

One thought on “BERBAGI SUKACITA PASKAH DI PANTI SAHABAT KITA PURWOREJO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s