MERAJUT KASIH DALAM PEKAN SUCI

Seusai merayakan Minggu Palma (09 April 2017), Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok St. Monika Paroki Sanyos berkumpul dan belajar merajut atau menyulam. “Waduh, saya belum pernah menyulam dan agak kesulitan karena kurang telaten”, begitulah ungkapan pergumulan seorang Ibu yang sudah berusia lebih dari 60 tahun di awal kegiatan. Namun Bu Herman dan beberapa Ibu lain yang sudah lebih pengalaman, mau membimbing sampai Ibu tersebut akhirnya dapat menyulam. Sambil diselingi canda tawa penuh keakraban, kegiatan latihan menyulam tersebut berlangsung di ruang St. Veronika.

Menurut Bu Stefani, latihan menyulam adalah salah satu kegiatan yang dilakukan Ibu-ibu St. Monika. Kegiatan rutin lainnya adalah doa bersama, renungan KS, sharing iman dan berbagi berkat (makan/minum bersama).

Meskipun kelompok St Monika ini belum secara resmi disahkan sebagai kelompok kategorial di Paroki Sanyos, namun sekitar 12 sampai 15 Ibu-ibu janda ini bersemangat untuk berkumpul dan mengadakan kegiatan yang bermanfaat. Sejauh ini sudah 5 kali mereka berkumpul setiap Minggu ketiga pkl 09.00 sd 11.00. Mereka ingin dijiwai oleh semangat dan teladan hidup St Monika (Ibunda Santo Agustinus) yang tekun berdoa, teguh dalam iman dan setia terikat pada Yesus sampai akhirnya berbuahkan pertobatan Agustinus putranya itu.

Kegiatan menyulam di Minggu Palma ini membantu para Ibu merenungkan hidup Yesus yang tetap setia terikat pada kehendak Bapanya. Yesus juga memberikan teladan kerendahan hati, membiarkan hidupnya ‘direnda atau disulam’ oleh Allah. Yesus bersedia memasuki Yerusalem untuk menanggung sengsara dan wafat agar relasi manusia dan Allah yang terputus karena penghianatan/dosa terajut kembali. Rajutan kasih lewat pengorbanan Yesus ini mengalahkan kekuatan dosa dan penghianatan yang mau memisahkan kita dari Allah dan kita dengan sesama.

Ibu2 Monika-5Kini Yesus mau merenda kasih selama Pekan Suci ini agar kita makin terpikat, terikat dan melekat dalam Kasih Yesus. Kita mau belajar untuk dibentuk menjadi pribadi-pribadi yang setia, taat, rendah hati, rela berkorban dan melayani sesama dengan kasih. Terima kasih untuk Ibu-Ibu St. Monika dan selamat merenda kasih bersama Yesus dalam Pekan Suci bagi seluruh umat Sanyos. Tuhan memberkati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s